Lima Kecamatan Zona Merah Covid-19, Bupati Lamsel Kumpulkan Camat dan Kades

LAMPUNG SELATAN-Lima kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menjadi wilayah zona merah Covid-19. Lima kecamatan ini antara lain, Natar, Jatiagung, Tanjungbintang Katibung dan Kalianda.

Hal itu disampaikan Bupati Lamsel, Nanang Ermanto didampingi Sekda Thamrin saat memimpin rapat koordinasi (Rakor), penyikapi meningkatnya kasus Covid-19 di kabupaten setempat, Senin (18/1/2021).

Rakor yang dilaksanakan di aula Sebuku Rumah Dinas Bupati tersebut, dihadiri sejumlah pejabat Lamsel yakni, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekdakab, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Eka Riantinawati, Direktur RSUD Bob Bazar Kalianda, Apriliana, Kepala OPD camat dan para kepala desa di kabupaten setempat.

Bupati Nanang mengatakan, Lamsel yang menjadi wilayah Zona Merah Covid-19, sangat memerlukan perhatian khusus dari seluruh elemen masyarakat.

“Kita sudah memasuki zona merah. Ada 5 kecamatan yaitu, Natar, Jatiagung, Tanjungbintang Katibung dan Kalianda. Namun, kecamatan lainnya tidak boleh santai, karena ini adalah tanggung jawab kita semua. Dan, jangan sampai wilayah kecamatan lain yang aman menjadi zona merah,” ujar Nanang.

Menurutnya, penyakit Covid-19 tidak tampak di mata, tetapi ada dan terus berkembang. Jadi, kuncinya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di desa, adalah kepala desa dan perangkatnya untuk mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan menerapkan pola hidup bersih dan 3M yakni, menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir dan menjaga jarak.

Dalam Rakor, Bupati Nanang juga menyampaikan Tim Pemkab Lamsel akan turun ke desa-desa, melakukan pembinaan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Saya dan Sekda besok, Selasa (19/1/2021) akan disuntik vaksin perdana di Lamsel. Dan, contoh untuk masyarakat kalau vaksin itu baik untuk melindungi diri dari covid-19,” imbuhnya.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Lamsel, warga yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 526 orang. Kemudian, dari 526 orang yang dinyatakan sembuh 376 orang, dan meninggal 27 orang.

Menurut data pada 17 Januari 2021, kasus positif Covid-19 tersebar di wilayah Kecamatan Natar 183 kasus, Jatiagung 102 kasus, Tanjung Bintang 65 kasus, Kalianda 70 kasus l, dan Katibung 29 Kasus. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *