Buka Lomba Masak Serba Ikan, Ini Harapan Ketua TP-PKK Lampung

Ketua TP-PKK Lampung, Riana Sari Arinal secara simbolis menyerahkab Pemberian Makan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS). (foto: istimewa)
Ketua TP-PKK Lampung, Riana Sari Arinal secara simbolis menyerahkab Pemberian Makan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS). (foto: istimewa)

LAMPUNG SELATAN-Ketua Tim Penggerak (TP-PKK) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal membuka Lomba Masak Serba Ikan di PKK Agro Park, Sabah Balau Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Sabtu (3/4/2021).

Lomba tingkat Provinsi Lampung tersebut, diikuti oleh TP-PKK Kabupaten/Kota se-Lampung.

Riana Sari Arinal menjelaskan, bahwa berdasarkan data Survey Status Gizi Balita Indonesia tahun 2019, prevalensi stunting pada balita di Lampung sebesar 26,26 Persen.

“Ini sudah berada di bawah rata-rata nasional sebesar 27,67 persen. Tetapi harus tetap menjadi permasalahan serius karena masih di atas standar minimal WHO sebesar 20 persen, apalagi jika memperhatikan target nasional di tahun 2024 sebesar 14 persen,” jelas Riana.

Menurutnya, peningkatan konsumsi ikan memegang peranan penting dalam peningkatan status gizi masyarakat dan kualitas sumber daya manusia.

“Di sisi lain, peningkatan konsumsi ikan juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya ekonomi para nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan melalui optimalisasi potensi pasar dalam negeri,” jelasnya.

Melalui Lomba Masak Serba Ikan ini, Riana Sari Arinal berharap dapat memotivasi menciptakan kreasi-kreasi menu berbahan ikan yang disukai masyarakat khususnya ibu hamil dan anak-anak, mudah pengolahannya, serta bergizi tinggi.

“Dengan mengkonsumsi ikan, kita harapkan anak-anak kita akan lebih cerdas dan aktif karena dalam ikan terkandung omega 3, asam amino, vitamin dan mineral yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak,” tukasnya.

Menurut Riana, kegiatan ini bukan hanya sekadar lomba untuk menciptakan kreasi menu baru, tetapi ke depan diharapkan juga dapat menjadi peluang bisnis baru dan peningkatan ketahanan keluarga dari sisi ekonomi.

“Apalagi jika kita melihat, potensi produksi ikan tangkap dan budidaya di Lampung yang sangat berlimpah,” tambahnya.

Ditambah Riana, lomba Masak Serba Ikan kali ini sengaja diselenggarakan di Agropark PKK, karena secara bertahap Agropark PKK akan menjadi salah satu destinasi eduwisata unggulan di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP-PKK Lampung Riana Sari Arinal menyerahkan secara simbolis Pemberian makan tambahan anak sekolah (PMTAS) sebagai tanda dimulainya Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang rencananya akan dilaksanakan di 4 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Untuk diketahui, dalam lomba tersebut, yang menjadi juara 1 dari TP-PKK Lampung Tengah, juara 2 dari TP-PKK Metro, juara 3 dari TP-PKK Tanggamus.

Kemudian, juara harapan 1 dari TP-PKK Lampung Selatan, juara harapan 2 dari TP-PKK Tulang Bawang Barat, dan juara favorit dari TP-PKK Lampung Utara. (Adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *