DAERAHMESUJI

20 Desa di Mesuji Deklarasi ODF dan 87 Desa  Sandang STBM

MESUJI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Open Defecation Free (ODF)di Aula Gedung Serba Guna (GSG) Taman Kehati, Desa Mekar jaya Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (30/11/2021).

Kepala Dinas Kesehatan  Mesuji Yanuar Fitrian mengatakan, sejak bergulirnya program Open ODF sejauh ini baru 87 desa yang sudah menyandang desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Masih ada 18 Desa lagi yang belum menyandang desa STBM. Karena desa tersebut adalah desa yang letaknya berada di jalur perairan dan memerlukan cara tersendiri untuk penanganannya . Tapi kami targetkan untuk tahun 2022 seluruh desa yang ada di Kabupaten Mesuji dapat menyandang predikat desa ODF,” jelas Yanuar Fitrian.

Terpisah, Bupati Mesuji Saply dalam sambutanya mengatakan, deklarasi ODF ini jangan hanya di jadikan ajang seremoni saja tapu harus menjadikan contoh untuk desa – desa yang lain. ” Saya berharap seluruh desa yang ada di Kabupaten Mesuji bisa menyandang status Desa ODF,”imbuhnya.

Dalam acara deklarasi ODF Dan  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM) ini dihadiri oleh 20 Desa se – Kabupaten Mesuji dan dihadiri Bupati Mesuji Saply TH, Wakil Bupati Mesuji Candralela, Ketua DPRD Mesuji Elfiana, Ketua TPK Mesuji Nelly Saply, Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo dan Kepala Dinas Kesahatan Yanuar Fitrian.(Mis)

Comment here