DAERAHMESUJI

Sejarah Singkat Desa Dwi Karya Mustika  Mesuji Timur

Edy Santosa (tengah) pada moment peringatan HUT Kabupaten Mesuji ke-14. (foto: ist)

MESUJI-Desa Dwi Karya Mustika (DKM) Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji merupakan desa tranmigrasi lokal (Translok) pada November tahun 1993 lalu. Masyarakat yang masuk transmigrasi ke Desa DKM berasal dari daerah Majapahit, Pagelaran, Kasui,dan Wonosobo berjumlah 491 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Desa DKM Kecamatan Mesuji Timur Edy Santosa mengatakan, bahwa pada tahun 2022 desa DKM genap berusia 29 tahun. Awalnya masyarakat yang tinggaL di desa DKM merupakan masyarakat Translok yang berasal dari Majapahit berjumlah 160 KK, Pagelaran 168 KK, Kasui 100 KK dan Wonosobo 60 KK.

Total masyarakat Transmigrasi ke Desa DKM yaitu, 491 KK hingga tahun 2022 jumlah KK menjadi 604 KK dengan jumlah penduduk saat ini 1938 jiwa laki-laki sebanyak 1001 orang, dan perempuan 937 orang dengan pekerjaan masyarakat desa setempat mayoritas petani sawah dan kebun.

“Ya tanggal 27 November, kita peringati sebagai hari jadi Desa DKM dan pada tahun 2022 Desa DKM genap berusia 29 tahun. Sedangkan, untuk nama Desa Dwi karya Mustika kita ambil hasil musywarah bersama antara tokoh masyarakat yang ada pada waktu itu,” jelas Edy Santosa, Minggu (27/11/2022).

Edy mengatakan, untuk mengenang dan memperingati hari jadi Desa DKM pihaknya bersama perangkat desa, dan kerja sama  seluruh masyarakat menggelar berbagai perlombaan, hingga doa bersama serta hiburan untuk seluruh masyarakat.

“Pada Moment HUT Desa DKM yang ke-29 ini kita menggelar berbagai acara hingga pagelaran wayang kulit, dan istighotsah doa bersama,” terangnya.

Sebelumnya, kata Edy ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya Open turnamen Volli Bal  putra yang dimulai sejak 19 November dilanjutkan dengan Batminton Ganda Putra, Lomba Gaple dan Lomba kebersihan lingkungan Hadroh/Mawalan dan hiburan seperti Kuda Lumping, dilanjut dengan hiburan Wayang kulit, dan istighotsah doa bersama yang akan dilaksanakan tanggal 29 November 2022.

“Semua rangkaian kegiatan, kita laksanakan di Balai Desa Gedung Serba Guna (GSG), dan lapangan Desa DKM dengan tema HUT yaitu, Dwi Karya Mustika Membangun Kita Bisa,” pungkasnya. (Mis)

Comment here