Sekda Hi. Heri Iswahyudi Buka Secara Resmi MT2QM Kabupaten Pringsewu

PRINGSEWU – Musabaqah Tilawah dan Tahfidz Al-Quran Madrasah (MT2QM) Tingkat Kabupaten Pringsewu 2023 secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Hi.Heri Iswahyudi, M.Ag., ditandai dengan prosesi pemukulan gong di GSG Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Rabu (20/9/2023).

MT2QM pertama yang berlangsung dua hari (20-21 September 2023) ini diikuti 222 peserta terdiri siswa dan siswi yang secara sah terdaftar pada madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu. Terdiri dari jenjang RA berjumlah 12 peserta, jenjang MI berjumlah 112 peserta, jenjang MTS 70 peserta serta jenjang MA 28 peserta.

Sekda Kabupaten Pringsewu Drs.Hi.Heri Iswahyudi, M.Ag. mengatakan Pemkab Pringsewu mengapresiasi diselenggarakannya MT2QM oleh Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu. Melalui MT2QM diharapkan akan semakin meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, serta meningkatkan ukhuwah diantara peserta yakni siswa-siswi madrasah di Kabupaten Pringsewu.

Lebih lanjut disampaikan Sekda, Musabaqah Tilawatil Quran sebenarnya juga merupakan urusan Kementerian Agama dimana pemerintah daerah memfasilitasi, yang selama ini sudah berjalan dengan baik di Kabupaten Pringsewu.

Heri berharap pembinaan terhadap peserta yang terpilih sebagai juara nanti, kiranya dapat lebih dimaksimalkan sehingga pada MT2QM tingkat Provinsi Lampung mendatang, Pringsewu mendapat prestasi terbaik sebagaimana yang kita harapkan,” kata Sekda pada acara yang dihadiri Kabag Kesra Setdakab Pringsewu Rustiyan, M.Pd. serta jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu Hi.Junaidi Sirad, S.Pd.I., M.M. mengatakan MT2QM adalah sistem kompetisi di bidang tilawah dan tahfidz Al-Quran pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yang dilaksanakan secara berjenjang pada tingkat madrasah.

“Selain untuk memetakan potensi dan kompetensi siswa di bidang tilawah dan tahfidz Al-Quran, meningkatkan budaya literasi Al-Quran dan akhlakul kharimah serta meningkatkan kualitas pembinaan tahfidz dan tilawah di madrasah, tujuan MT2QM adalah untuk menjaring calon kafilah Kabupaten Pringsewu yang akan mengikuti MT2QM ke-3 Provinsi Lampung 2023,” katanya. (Bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *