DAERAHMESUJI

Kades Petahana Ramaikan Pilkades Serentak Mesuji

MESUJI – Ada yang menarik pada Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mesuji mendatang.Pasalnya dari 57 desa yang akan menggelar  pilkades pada tanggal 1 November 2021  rata-rata kades (Petahana) maju kembali.Ini diketahui dari jumlah kades yang maju pada setiap kecamatan.

Contohnya di Kecamatan Mesuji Timur dari 20 desa, sebanyak 11 desa menggelar Pilkades dan 8 Kades petahana  maju kembali.Seperti dikatakan Camat Mesuji Timur, Tarbin Putra saat dihubung melalui Pesan WhatApsnya, Rabu (22/9/2021).

“Ya ada 11 desa yang menggelar Pilkades dan 8 kades/Incumbent  maju kembali,” jelasnya.

Dikatakannya bahwa dari 11 desa yang akan melaksanakan Pilkades dalam satu desa dipersiapkan lebih dari satu Tempat Pemungutan suara (TPS) untuk menghindari Kerumunan.

“Berdasarkan Istimasi sementara ada 28 tps yang dipersiapkan.Itu  melihat dari data Daftar Pemilih tetap (DPT) yang aturannya  maksimal 500 DPT per TPS,” terangnya.

Sementamara itu dikecamatan Way Serdang ada 16 desa yang akan menggelar Pilkades ternyata  15 Kades petahana menyatakan maju kembali.

“16 desa yang Pilkades dan 15  merupakan petahana,” Kata Tamyani Plt Camat Way Serdang.

Hal yang sama dikatakan Taufik Widodo Camat Mesuji  bahwa di wilayahnya ada 4 desa yang menggelar Pilkades dan 4 Kades atau petahana maju.”Yang gelsr pilkades Ada4 desa dan kades petahana maju ,”terang Taufik.

Begitu juga yang terjadi di Kecamatan Tanjungraya berdasarkan pantauan Media ini ada 16 desa yang akan melaksanakan Pilkades. 15 orang kades Petahana juga menyatakan   maju lagi di Pilkades Mendatang.Hanya Kades  Harapan Mukti  yang tidak maju kembali sisanya akan kembali bertarung di 1 Nopember mendatang untuk mempertahankan Jabatannya.

Sedangkan Terkait jumlah kandidat atau calon peserta yang akan mengikuti pilkades serentak tersebut Kepala dinas PMD Kabupaten Mesuji Anwar Pamuji belum bisa mengatakan jumlah pastinya karena masih tahap seleksi.Namun diakuinya bahwa banyak petahana yang maju kembali pada Pilkades mendatang.

“Kalau jumlah secara pasti calon kades yang maju secara keseluruhan dari 7 kecamatan yang ada  kita belum tau,tapi kalau petahana memang benar banyak yang maju kembali,” pungkasnya. (mis)

Comment here