BANDAR LAMPUNGPROVINSI

Disdukcapil Bandar Lampung Serahkan 313 KIA Murid SD Negeri dan Swasta

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Zainudin saat menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA), kepada perwakilan murid Sekolah Dasar di ruang kerjanya, Kamis (14/10/2021). (foto: Azroni)

BANDAR LAMPUNG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung, membagikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 313 untuk para siswa sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Bandar Lampung.

Hal ini dilakukan, untuk mewujudkan perhatian pemerintah kota (Pemkot) Bandar Lampung untuk identitas kependudukan termasuk anak usia dini.

Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Zainudin di sela-sela pembagian KIA kepada siswa perwakilan SDN Rajabasa Jaya, Rajabasa Raya dan SD IT Fitrah Insani, Kedamaian, secara simbolis di ruang kerjanya, Kamis (14/10/2021).

“Ini dalam rangka program walikota Eva Dwiana, ini wujud perhatian pemerintah, untuk anak umur 1 hari sampai umur 17 kurang sehari bisa memakai identitas KIA, kartu ini saya harap dijaga, disimpan dan dioergunakan dengan baik,” ujar Zainudin.

Untuk rincian jumlah KIA yang diserahkan, SD IT Fitrah Insani, 86 KIA, SDN Rajabasa Jaya, Rajabasa Raya sebanyak 227.

“KIA ini adalah kartu identitas anak ini fungsinya sama saja dengan KTP-El dewasa, bisa dipakai untuk siswa menabung di Bank, berobat di puskesmas dan rumah sakit dan sebagainya. Jadi tidak perlu lagi bawa-bawa berkas KK sore kelahiran dan KTP orang tua, karena di KIA sudah ada nama orang tua dan tanggal lahir, fungsi KIA sama dengan identitas orang dewasa,” ungkapnya.

Kepengurusan berkas KIA, sambungan dia, bisa diselesaikan dalam jangka waktu paling lambat tiga hari. Namun, karena yang diproses banyak maka memanakah waktu sekitar 1 bulan.

“Berkas itu 3 hari langsung jadi. Bisa jadi 1 hari, jika berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas. Tapi kan yang kita urus ini banyak ratusan, tidak langsung jadi, makanya kita serahkan bertahap,” jelasnya.

Sementara, Kepala TU SD IT Fitrah Insani, Suhaimi, mengatakan pihaknya berterimakasih kepada Kepala Disdukcapil, yang sudah bersusah-payah mempasilitasi pembuatan KIA secara masal.

“Termakasih kepala Kepala dinas pak Zainudin, sudah fasilitasi pembuatan KIA ini dan proses bisa cepat, KIA ini dibiarkan untuk seluruh siswa SD Negeri dan swasta di Kota Bandar Lampung,” tandasnya. (ron)

Comment here