DAERAHMESUJI

DD 2021, Desa Tirtalaga Mesuji Fokus Pembangunan Infrastruktur

MESUJI — Dana desa (DD) Tahun 2021, Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, masih direalisasikan untuk  pembangunan infrastruktur yakni untuk pengerasan badan jalan lingkungan di dua titik dengan total panjang 1200 meter menggunakan batu sabes.

Kepala Desa Tirtalaga, Sikun mengatakan, pihaknya bersama jajaran pemerintahan desa setempat  masih sangat fokus pada pembangunan infrastruktur. Salah satunya dengan melakukan perbaikan dan pembangunan ruas jalan-jalan lingkungan yang ada di wilayah desanya.

Dijelaskannya untuk DD tahun anggaran 2021 dalam kegiatan pembangunan infrastruktur di Desa Tirtalaga sendiri untuk tahap II dan tahap III ini melakukan pengerasan badan jalan dengan batu sabes yang terletak di dua titik.

“Ya  tahap II kita realisasikan di RK 04 sepanjang 800 M dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 320.095.494, dan tahap III di RK 002 sepanjang 400 meter dengan nilai pagu anggaran Rp.169.942.747, dan Alhamdulillah semua sudah selesai di kerjakan,”jelasnya, Rabu (20/10/2021)

Sikun menambahkan bahwa Piihak kecamatan Mesuji dan Tenaga Pendamping Profesional/ Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP P3MD) yang meliputi pendamping desa tehnik infrastruktur (PDTI), pendamping desa (PD), pendamping lokal desa (PLD) sudah melakukan  monitoring dan evaluasi (Monev) didesa Tirtalaga.

” Monev tersebut untuk mengecek serta memastikan seluruh kegiatan pembangunan infrastruktur di Desa kita  berjalan dengan baik,  dan sesuai  perencanaan awal, agar dapat segera dirasakan masyarakat,”tambahnya.

Radiansyah mewakili camat Mesuji Taufik Widodo menyampaikan pihaknya memang telah menjadwalkan akan melakukan monev kegiatan pembangunan infrastruktur di dua Desa, yaitu Desa Tirtalaga dan Desa Tanjung Serayan.

“Kami bersama PDTI mengecek pembangunan jalan sabes di Desa Tirta laga sebanyak 2 titik dengan total panjang 1200 meter. Dimana jalan ini merupakan jalan penghubung antar Desa, Alhamdulillah untuk pembangunan nya cukup baik setelah tadi kami cek ketebalan nya bagus 15 cm bahkan ada beberapa titik yang lebih. Namun mengingat ini masih dalam tahap pengerjaan kita memberikan saran kepada desa untuk meningkatkan kualitas pekerjaan agar mutunya benar-benar bagus dan kuat,”Katanya.

Terpisah, Paiman salah seorang warga  Desa Tirtalaga yang sehari-hari nya melintas di jalan tersebut, karena pekerjaannya sebagai buruh pemanen buah sawit mengaku sangat terbantu dan senang dengan dibangun nya jalan di Desa nya itu.

“Saya dan warga lain yang setiap hari rutin melintas di jalan ini sangat berterima kasih kepada pemerintah desa Tirtalaga, khususnya pak Kades yang sudah memprioritaskan pembangunan jalan ini. Sebab, jalan ini merupakan salah satu jalur perlintasan terpadat yang sering di lalui warga yang akan beraktivitas seperti ke kebun, sawah, dan anak sekolah,” ungkapnya.
Lanjut Paiman sebelumnya kondisi jalan tersebut sebelum di perbaiki sangat sulit dilalui terlebih saat musim hujan. “Tadinya jalan ini sangat sulit dilewati karna berlubang dan becek,Alhamdulilah sekarang lancar,”tandasnya.(mis)

Comment here