BANDAR LAMPUNG

Disdukcapil Siapkan Sarana Uji Coba KTP Digital

BANDAR LAMPUNG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung melakukan persiapan sarana untuk uji coba KTP Digital.

Pelaksana tugas (Plt) Kadisdukcapil Kota Bandar Lampung, Siti Supiah mengatakan, bahwa Direktur Jenderal Dukcapil memang telah memberlakukan uji coba KTP Digital kepada 58 kabupaten/kota di Indonesia.

“Mengenai KTP digital itu ada sekitar 58 kabupaten/kota yang nantinya akan diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba yang secara bertahap, tapi memang Bandar Lampung bukan termasuk salah satunya,” kata Siti Supiah, Jumat (07/01/2022).

Namun, dia mengaku bahwa Disdukcapil akan berusaha meningkatkan sarana pendukung terlebih dahulu untuk persiapan penerapan KTP Digital ini.

“Jika nantinya Bandar Lampung menerapkan ini, kesiapannya yaitu, berusaha mempersiapkan sarananya terutama sinyal dan jaringan,” ujarnya.

Selain sarana, Siti juga menambahkan bahwa kemampuan masyarakat sendiri dalam kepemilikan dan penggunaan terhadap ponsel pintar juga harus mendukung.

“Juga harus dilihat kemampuan warga terhadap kepemilikan smartphone dan cara pengapliakasiannya, karena pasti akan diprioritaskan warga yang bisa pakai smartphone dan jaringan di daerahnya bagus,” imbuhnya.

Disampaikan oleh Siti bahwa persiapan ini dilakukan meski Bandar Lampung belum diwajibkan memberlakukan KTP Digital ini karena ada kemungkinan penerapan tersebut akan dilakukan diseluruh Indonesia.

“Sepertinya memang bakal menyeluruh ke seluruh indonesia KTP Digital ini, makanya Bapak Dirjen juga mengatakan bahwa 5 tahun kedepan targetnya 50 persen masyarakat Indonesia sudah harus punya KTP Digital,” ucapnya.

Kemudian Ia menambahkan bahwa meski KTP Digital nantinya akan diterapkan, pelayanan KTP manual juga masih akan tetap berjalan.

“Manual pasti masih tetap ada, pelayanan KTP Manual juga tetap berjalan, yang punya KTP Digital pun masih bisa buat yang manual karena tidak semua warga bisa mengoperasikan secara digital tersebut,” tandasnya. (ron/*)

Comment here