DAERAHLAMPUNG BARAT

Kemenkop-UKM Pilih Lambar untuk Pembangunan LUT

LAMPUNG BARAT-Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM), telah menetapkan lokasi prioritas (Lokpri) rencana Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahun 2023 mendatang.

“Sebanyak 75 Lokpri, yang telah diverifikasi oleh Kemenkop-UKM. Namun, hanya 35 kabupaten/kota yang terpilih. Salah satunya, adalah Kabupaten Lampung Barat (Lambar),” jelas Kadiskoperindag Kabupaten Lambar, Tri Umaryani saat menghadiri kegiatan Ngupi Bebakhong, di aula Kagungan Pemkab setempat, Senin (25/07/2022).

Ia mengatakan, kegiatan alokasi DAK fisik penugasan UMKM dari Kemenkop-UKM tahun 2023 mendatang, terkait pembangunan Layanan Usaha Terpadu (LUT).

“Rencananya, Senin (25/07/2022) Tim Kemenkop-UKM akan melakukan kunjungan ke Lambar, dan kami harapkan disambut oleh pak Sekda,” kata Tri Umaryani.

Dia juga berharap, kedatangan rombongan Kemenkop-UKM disambut juga oleh Bappeda, BPKAD dan Pertanahan agar bersama-sama mendukung program LUT yang digulirkan pemerintah pusat.

“Untuk peninjauan, kami juga harapkan didampingi Bappeda, BPKAD dan Pertanahan. Karena, kegiatan ini terkait kesediaan lahan, serta memastikan program LUT menjadi prioritas dari kabupaten/kota yang terpilih,” jelasnya.

Tri Umaryani menambahkan, berdasarkan informasi dari Kemenkop-UKM, tahun sebelumnya
hanya terpilih 20 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Kemungkinan dari 35 kabupaten/kota yang terpilih, akan diseleksi ulang sehingga menjadi 20 daerah, karena disesuaikan dengan kemampuan keuangan pemerintah pusat,” tukasnya.

Sementara itu, Sekdakab Lambar Nukman menyambut baik kabar tersebut.

Ia berharap, agar seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat membantu, dan bekerja sama agar program tersebut berjalan dengan lancar. (Hendri/*)

Comment here