Pemkab Lampung Barat GelarNgayuh Bebakhong

Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus melakukan pemanasan sebelum ngegowes bersama. (foto:Diskominfo)
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus melakukan pemanasan sebelum ngegowes bersama. (foto:Diskominfo)

LAMPUNG BARAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menggelar ngayuh bebakhong atau yang lebih akrab disebut ngegowes bersama. Kegiatan tersebut, sebagai salah satu rangkaian hari jadi Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ke-31 yang jatuh pada 24 September 2022 mendatang.

Acara ngegowes bersama yang dilaksanakan di Gor Aji Saka kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit ini dibuka oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus, Minggu (18/09/2022).

Gelaran ini diikuti kurang lebih 1.324 peserta pesepeda yang tergabung dalam komunitas Goweser Liwa Gowes Community (LGC) Lambar, dan Lampung, serta melibatkan ratusan orang dari luar Lampung yakni, Bogor, Bengkulu, dan Palembang.

Parosil Mabsus mengungkapkan, rasa haru dan bangga atas kunjungan para goweser, hal itu menjadi spirit bagi kabupaten lampung barat untuk terus melakukan pembangunan, khususnya di bidang wisata.

Ia juga menyatakan, rasa bangga, karena di Lambar banyak memiliki aset wisata. Salah satunya, wisata Kawah Nirwana yang terdapat di Kecamatan Suoh.

“Di Indonesia, hanya Kabupaten Lambar yang memiliki objek wisata Kawah Nirwana. Jadi, pantas Lambar disebut surga tersembunyi,” ujarnya.

Lanjut Parosil, acara seperti ini tentu tujuannya bukan hanya untuk berolahraga tetapi juga untuk kunjungan wisata, maka pembangunan Lambar dapat terus didukung, sehingga perekonomian masyarakat terbantu.

“Saya mohon doa, agar Lambar terus dapat mengejar ketertinggalan sehingga mampu menjadi kabupaten yang hebat dan sejahtera,” imbuhnya.

Tour bersepeda atau yang lebih akrab di kalangan para atlet sepeda disebut dengan gowes itu di mulai pada pukul 07.30 pagi.

Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejama Sai Betik beserta rombongan star dari kawasan Sekuting Terpadu-Aspol-PLN Liwa-Seranggas-PMI-Hotel Permata-Makam Pahlawan-RSUD Alimuddin Umar-Kebun Raya Liwa-Hamtebiu-Taman Kota Liwa-Bundaran Pasar Liwa-Polres, dan finis di kawasan Sekuting Terpadu.

Selain dalam rangka perhelatan hari jadi Kabupaten Lambar Gowes tersebut, juga dalam rangka HUT “Lampung Bersepeda ke-27”.(*/Hendri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *