DAERAHLAMPUNG BARAT

Paripurna HUT ke-31 Lambar, Ini Pesan Bupati Parosil

Bupati Parosil Mabsus saat rapat paripurna HUT ke-31 Lampung Barat, Jumat (23/09/2022). (foto: Diskominfo)

LAMPUNG BARAT-DPRD Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar rapat paripurna mendengarkan pidato Bupati Parosil Mabsus dalam rangka menyambut HUT ke-31 Lampung Barat, Jumat (23/09/2022).

Rapat paripurna menyambut HUT ke-31 Kabupaten Lambar tahun ini, memiliki suasana berbeda sebab seluruh para peserta rapat mengenakan pakaian adat sebagai simbol kekayaan, dan kekentalan adat budaya yang dimiliki Kabupaten Lambar.

Ketua DPRD Edi Novial memaparkan, sejarah singkat berdirinya Kabupaten Lambar yang dalam kurun waktu 31 tahun, mengalami 6 kali pergantian kepemimpinan yakni, Hakim Saleh Umpu Singa periode 1992-1997, I Wayan Dirpha periode 1997-2002, Erwin Nizar-Mukhlis Basri periode 2002-2007, Mukhlis Basri-Dimyati Amin periode 2007-2012, Mukhlis Basri-Makmur Azhari periode 2012-2017, dan Parosil Mabsus-Mad Hasnurin periode 2017-2022.

Ia mengatakan, dengan usia 31 tahun dan saat ini di pemimpin oleh Parosil Mabsus-Mad Hasnurin, telah banyak prestasi dan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai Kabupaten Lambar, baik tingkat provinsi sampai nasional.

Edi Novial menjelaskan, penghargaan yang telah diraih Pemkab Lambar yakni, Opini WTP dari BPK RI sejak tahun 2010-2021 (12 kali), Adipura (5 kali), Manggala Karya Kencana, Kabupaten Tangguh Bencana diri BPBN, Innovative Government Award (IGA) 2021, dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI.

Kemudian, lanjutnya, penghargaan sebagai Kepala Daerah Pembangkit Komoditi Pertanian, Piagam Kepatutan Tinggi standar pelayanan Publik dari Ombudsman RI, Kabupaten Terbaik II dalam Perencanaan dan Pembangunan Daerah 2022, Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM, dan terentaskan status Lambar dari kabupaten tertinggal.

Dengan keberhasilan yang telah diraih tersebut, Edi Novial berharap dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.

“Atas pencapain ini jangan sampai membuat terlena, dan harus bekerja keras untuk mempertahankan apa yang telah dicapai dan meningkatkan kinerja kita agar yang belum diraih dapat berhasil diraih dengan sukses menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” tuturnya.

Ia juga berharap, di usia Kabupaten Lambar yang telah menginjak usia 31 tahun, agar dapat menjadi kabupaten yang lebih maju dan lebih baik lagi.

“Marilah kita semua tetap bersatu, dan bekerja saling bahu membahu sehingga apa yang kita cita-citakan dapat tercapai,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lambar Parosil Mabsus memberikan apresiasi kepada semua pihak yang bersama-sama ikut serta membangun kemajuan Kabupaten Lambar sampai menginjak usia 31 tahun.

“Tema peringatan HUT Lambar ke-31 kali ini adalah “Pembangunan Tepat, Pulih Lebih Cepat”, Tema tersebut tentunya memiliki makna tersendiri dalam menghadapi perubahan kondisi akibat dampak dari pandemi Covid-19. Sebagai semangat bersama menuju Kabupaten Lampung Barat yang lebih baik, sehingga harapan terhadap pembangunan yang tepat dan merata,” ucapnya.

Parosil mengatakan, selama 31 tahun Kabupaten Lambar terdapat berbagai keberhasilan, dan persoalan yang menjadi catatan serta perhatian seluruh komponen pembangunan di daerah.

Menurutnya, pembangunan tersebut tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat serta memiliki konsep pembangunan yang jelas.

“Saya ingin menegaskan, bahwa hanya waktu dan keadaan yang berubah, tetapi semangat dan komitmen Pemkab Lambar tidak akan pernah surut dalam mewujudkan visi pembangunan, dan pemerintahan yaitu, “Terwujudnya Lampung Barat yang Hebat dan Sejahtera,” tegasnya.

Parosil juga menyampaikan, bahwa dalam 5 tahun perjalanan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Lambar telah banyak mengalami kemajuan, sampai dengan menjelang berakhirnya jabatannya.

“Secara konsisten, pembangunan daerah selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dengan tetap berpijak pada visi dan misi yang dijalankan,” pungkasnya.

Rapat Paripurna tersebut, diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Bupati Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Ketua DPRD Edi Novial, Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyanto, Dandim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, dan Kajari Deddy Sutendy. (*/Hendri)

Comment here