DAERAHTANGGAMUS

SUPM Negeri Kotaagung Lantik 91 Siswa dan Siswi

TANGGAMUS-Tahun ini, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Kotaagung Kabupaten Tanggamus, melantik kelulusan 91 siswa dan siswi dari tiga program keahlian.

Pelantikan 91 siswa dan siswi tersebut, dipimpin langsung Kepala SUPMN Kotaagung, Khairuddin, Selasa (27/09/2022).

“Saya mengucapkan terimakasih, dan
penghargaan kepada seluruh civitas akademika SUPM Negeri Kotaagung, dan orang tua siswa dan siswi yang ikut menghadiri pelantikan,” ujar Khaerudin.

Ia mengatakan, SUPM Negeri Kotaagung merupakan salah satu dari 5 sekolah tingkat menengah dibawah pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan memiliki Pendidikan Tinggi dan Politeknik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Khaerudin juga menjelaskan, bahwa
Lembaga Pendidikan Kelautan dan Perikanan ini, memiliki sistem pendidikan yang sama yaitu, wajib tinggal di asrama (Boarding school), dan menerapkan pola pendidikan Teaching Factory dengan komposisi kurikulum 70%, praktek, dan 30% teori.

“Pendidikan Kelautan dan Perikanan, bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang disiplin, cakap, terampil, dan memiliki jiwa wirausaha sebagai bekal dalam mengelola potensi kelautan, dan perikanan yang begitu besar serta mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan alokasi dana pendidikan bagi seluruh siswa dan siswi SUPM selama masih tersedia.

Sementara itu, Rian Yunato mengatakan, 91 siswa-siswi SUPM Kotaagung yang dilantik dari tiga program keahlian yakni, Nautika Kapal Penangkap Ikan (37 orang), Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (32 orang), dan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (22 orang). (Man)

Comment here