Pemkab Pesawaran Tunda Pilkades Serentak 2021

PESAWARAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menunda pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2021.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pesawaran, Zuriadi, Kamis (8/7/2021).

Dikatakannya, tahapan Pikades serentak 2021 dihentikan sampai dengan tahap verifikasi berkas bakal calon kepala desa (Bacakades).

“Sedangkan untuk tahapan penetapan Bacakades ditunda, sampai batas yang tidak ditentukan,” jelas Zuriadi.

Menurut Zuriadi, penundaan Pilkades serentak itu sesuai dasar instruksi Bupati Pesawaran No: 4/2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Darurat Covid-19.

Dikatakannya, untuk saat ini DPMPD Pesawaran belum dapat memastikan tahapan Pilkades serentak tersebut akan dilanjutkan.

“Kita belum tahu sampai kapan penundaan Pilkades, karena saat ini ada 8 kecamatan di Pesawaran yang berstatus zona merah. Kalau Pilkades tetap dilaksanakan, akan berisiko menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19,” ujar Zuriadi.

Ditambahkannya, saat ini Surat Edaran (SE) No: 140/3307/IV.15/2021 mengenai penundaan Pilkades sudah dikeluarkan, dan ditujukan kepada camat se-Kabupaten Pesawaran.

“Surat Edaran tentang penundaan Pilkades, sudah diserahkan kepada seluruh camat. Dan, oleh pihak kecamatan diinformasikan kepada Panitia Pilkades tingkat,” pungkasnya.(Ndr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *