DAERAHTUBABA

Tahun 2022, Beli Gas Elpiji 3 Kg Gunakan Kartu Sembako

TULANGBAWANG BARAT- Mulai tahun 2022, Gas Elpiji 3 Kg yang merupakan subsidi dari Pemerintah, hanya akan dapat dibeli bagi masyarakat yang memiliki Kartu Sembako.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, didampingi Kabid Perdagangan Eka Saputra, mengatakan, kebijakan tersebut diambil oleh pemerintah sebagai upaya pembatasan dan penyaluran yang tepat sasaran.

“Rencananya tahun depan kebijakan ini sudah mulai diberlakukan, yang mana program ini merupakan program Pemerintah Pusat yakni kerjasama antara Kemensos, Kemenkeu, KemenESDM, dan BUMN,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (21/10/2021).

Lanjutnya, Penerima Kartu Sembako ini hanyalah keluarga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sehingga untuk mendapatkan Kartu Sembako, calon penerima harus terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Dinas Sosial.

“Oleh karenanya, jika ada masyarakat yang memang kurang mampu dan belum mendapat bantuan, maka dapat diusulkan ke Dinas Sosial agar terdata di DTKS. Sebab, jika kebijakan ini nantinya sudah berlaku, direncanakan setiap pangkalan Gas Elpiji akan diberikan scan barcode untuk setiap pembeli yang memiliki Kartu Sembako, sehingga akan benar-benar tepat sasaran dan datanya akurat,” jelasnya.

Masih kata Eka, dalam mekanisme penyaluran maka tidak ada lagi pangkalan yang menjual ke warung-warung, karena masyarakat langsung membeli dengan membawa Kartu. Untuk itu, saat ini kita sedang melakukan pendataan setiap pangkalan untuk kemudian dapat dilakukan pemerataan di setiap Tiyuh (Desa), serta didaftarkan pada Google Map.

“Melalui program ini, diharapkan penyaluran Gas Elpiji 3 Kg kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran kepada yang membutuhkan, dan Elpiji non subsidi atau tabung Pink dan Biru juga dapat tetap laku dipasaran,” pungkasnya. (Jim)

Comment here