DAERAHHUKUMTUBABA

Inspektorat Tubaba Ajak Masyarakat Kawal Dana Desa

Irban V Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat, Muslim. (foto: ist)

TULANGBAWANG BARAT-Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengajak masyarakat untuk ikut berperan dalam mengawal dana desa.

Hal itu dilakukan agar realisasi dana desa berjalan sesuai dengan semestinya. Dan tidak diselewengkan oleh oknum pemerintah tiyuh.

Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) membuka layanan aspirasi dan pengaduan dari seluruh elemen masyarakat.

Irban V Inspektorat Tubaba, Muslim mengatakan, bahwa layanan aspirasi dan pengaduan tersebut merupakan program Inspektorat Tubaba yang mulai diluncurkan pertengahan tahun 2021, dengan judul program Ayo Kawal Dana Desa di Kabupaten Tulangbawang Barat.

“Dalam program tersebut, Inspektorat yang memiliki kewenangan penuh dalam audit serta pengawasan Dana Desa di setiap Tiyuh, mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat ikut berpartisipasi secara aktif, dan jika ditemukan indikasi penyimpangan atau pelanggaran, masyarakat dapat melaporkan ke kita baik secara langsung maupun secara online melalui Nomor WhatsApp 081279396444 atau Inspektorat_tbb@yahoo.com,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan mewakili Inspektur Prana Putra, Selasa (30/11/2021).

Lanjutnya, pengaduan bisa dilakukan oleh perorangan, lembaga, atau organisasi masyarakat yang mengetahui jika ada indikasi penyimpangan dalam penggunaan DD di masing-masing Tiyuh.

“Dalam menyampaikan aspirasi atau pengaduan, maka si pelapor wajib melampirkan KTP sebagai identitas disertai bukti atau pernyataan apa yang menjadi persoalan. Kita menjamin kerahasiaan pelapor, karena ini juga merupakan rekomendasi dari KPK,” paparnya.

Diungkapkannya, upaya ini adalah langkah preventif untuk pencegahan penyimpangan Dana Desa oleh oknum-oknum di Pemerintahan Tiyuh dalam merealisasikan program baik fisik dan non fisik.

“Kami berharap melalui program Ayo Kawal Dana Desa di Kabupaten Tubaba ini, dapat menjadi langkah meminimalisir penyimpangan serta pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Tiyuh benar-benar sesuai aturan dan demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Jim)

Comment here