Pekon Teba Bunuk Tanggamus Lestarikan Pencak Silat Khagom Mufakat

TANGGAMUS-Untuk menjaga dan melestarikan Tradisi Seni Budaya Adat Lampung di Kabupaten Tanggamus, Pekon Teba Bunuk menggelar Butamat.

Pelestarian budaya adat Lampung tersebut, dilakukan oleh Selamat Putra Yadin selaku Kepala Pekon (Kakon) Teba Bunuk, bersama tokoh Pemuda, Karang Taruna dan masyarakat melestarikan Pencak Silat khagom Mufakat.

Selamat mengatakan, pencak silat Seni Budaya Lampung yang dilestarikan saat ini, merupakan budaya warisan leluhur yang senantiasa harus dilestarikan.

Ia meyakini, pencak silat akan tetap lestari jika tradisi ini diajarkan kepada masyarakat terutama generasi muda.

Selamat menyatakan, pelestarian seni tradisional ini merupakan tanggung jawab semua pihak, mulai dari semua lapisan masyarakat sampai semua unsur pemerintahan.

“Pemerintah Pekon, harus jadi pelopor paling depan untuk eksistensi seni tradisional, sebagai salah satu peninggalan nenek moyang kita,” ujarnya, Senin (16/01/2022).

Pelestarian ini dilakukan jelas Selamat, agar negara Indonesia yang kaya akan budaya, tidak terkikis dan punah dengan peradaban zaman modern saat ini.

“Maka dari itu, Putera-Puteri Daerah, dan Para sesepuh adat, saat ini berkewajiban menjaga dan melestarikan Kekayaan Budaya leluhur kita,” harapnya.

Kegiatan yang juga dihadiri para tokoh TTKDH Kabupaten Tanggamus, Wakil Panglima Pengitogh Alam Kerjaaan Adat Paksi Pak Skala Brak Kepaksian Pernong Lampung, wilayah Tanggamus Mirza YB, anggota DPRD Helmi, Bupati Dewi Handayani diwakili Firman, Camat Kotaagung Barat Firdaus, serta sesepuh Pencak silat Aden Syafi’i, Bacis, dan puluhan pendekar silay lainnya. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *