DAERAHPESAWARAN

Kadisdikbud Pesawaran Tinjau Atap Sekolah Ambruk di SMPN 19

PESAWARAN-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Pesawaran, Anca Martha Utama meninjau SMPN 19 yang atap bangunanya ambruk, Sabtu (22/01/2022) lalu.

Anca mengatakan, bangunan berusia belasan tahun itu sudah direncanakan akan direnovasi dan pembaharuan bangunan pada tahun 2022.

“Sudah direncanakan, untuk direnovasi tahun ini. Kalau kita lihat, memang kualitas bangunan ini dibangun pada tahun 2007. Ternyata di luar dugaan, karena cuaca ekstrem bangunan ini ada bagian dinding yang runtuh, dan atapnya ambruk,” kata Anca, Minggu (23/01/2022).

Kadisdikbud Pesawaran juga mengimbau kepada seluruh kepala sekolah (Kepsek) untuk melakukan langkah antisipasi dengan melakukan pengecekan rutin bangunan sekolah.

“Yang paling tahu kondisi sekolah, ya pihak sekolah. Jadi, untuk mengantisipasi musim penghujan, harus selalu waspada terlebih jika menggelar kegiatan belajar harus dipastikan menggunakan ruang kelas yang layak,” tukasnya.

Sebelumnya, pasca runtuhnya bangunan, masyarakat Desa Sukadadi bersama sejumlah aparat desa dan camat langsung meninjau dan menggelar gotong royong.

Kepala Desa (Kades) Sukadadi, Rudi Maryoto mengatakanz warga sekitar sekolah bergerak cepat untuk melakukan gotong royong bersama aparat keamanan dan pihak Kecamatan Gedong Tataan.

“Dengan adanya kejadian ini, kami bersama warga desa berinisiatif melakukan evakuasi bangunan roboh, karena memang anak-anak sekolah di sini,” ucapnya.

Disisi lain, Kepala SMP 19 Pesawaran, Uniroh Utami menyebut bangunan itu sudah lama tidak dipakai kegiatan belajar mengajar, terlebih saat masa pandemi sekolah itu menerapkan belajar dengan bergilir guna menerapkan protokol kesehatan (Prokes). (Indra)

Comment here