DAERAHPESISIR BARAT

Pemkab Pesibar Gelar Sosialisasi Pemantauan Kunjungan WNA

PESISIR BARAT-Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal didampingi Wakil Bupati (Wabup) A Zulqoini Syarif membuka sosialisasi pemantauan Warga Negara Asing (WNA), di Hotel Monalisa Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (21/09/2022).

Sosialisasi ini, bertujuan dalam rangka menciptakan situasi dinamis tetapi tetap kondusif bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesibar diperlukan stabilitas politik, sosial dan keamanan yang mantap dan meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya potensi-potensi yang mengancam kesatuan bangsa dan kedaulatan NKRI, khususnya di Kabupaten Pesibar.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Lambar-Pesbar, beberapa Kepala OPD, Camat Pesisir Selatan, Ketua PHRI, dan peserta sosialisasi.

Agus Istiqlal menyampaikan, pariwisata merupakan salah satu icon Kabupaten Pesibar dengan objek wisata surfing yang pada saat ini ombaknya merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Namun, lanjutnya, dampak negatif dari kunjungan wisatawan luar negeri ini juga harus di waspadai, karena mau tidak mau masyarakat Pesibar akan bergaul dan berkomunikasi dengan MNA.

“Selain itu, kemungkinan adanya misi-misi tertentu dari orang asing yang berupa paham-paham radikal,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, sosialisasi pemantauan kunjungan WNA di Kabupaten Pesibar, dalam praktek perjalanannya tidak akan lepas dari berbagai hambatan, dan tantangan. Namun, kedepannya diharapkan sosialisasi pemantauan kunjungan WNA dapat merangkul semua steakholder masyarakat untuk menggali informasi-informasi penting, yang berguna dalam rangka menjaga stabilitas keamanan nasional.

Agus Istiqlal juga mengingatkan, para peserta yang mengikuti sosialisasi pemantauan kunjungan WNA, dapat berperan aktif dalam menghimpun informasi-informasi penting, yang dibutuhkan untuk menciptakan stabilitas nasional yang kondusif di Kabupaten Pesibar. (BW/*)

Comment here