Parosil Sambut Kunjungan TP-PKK Pemprov Lampung

TP-PKK Provinsi Lampung saat melakukan kunjungan kerja, di Pekon Sukaraja, Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Selasa (15/11/2022). (foto: ist)
TP-PKK Provinsi Lampung saat melakukan kunjungan kerja, di Pekon Sukaraja, Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Selasa (15/11/2022). (foto: ist)

LAMPUNG BARAT-Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung diwakili Ketua Bidang III Erna Suud Hanan, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Lampung Barat, Selasa (15/11/2022).

Kunker TP-PKK Lampung tersebut, merujuk pada desa model konvergensi penanganan dan pencegahan stunting sekaligus desa ramah perempuan, dan peduli anak di Pekon Sukaraja, Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Pada kesempatan ini, Bupati Lambar Parosil Mabsus yang menyambut langsung TP-PKK Lampung menyampaikan, kegiatan ini merupakan momentum yang berkaitan dengan masa depan anak yang cerdas.

“Momen ini merupakan spirit dan semangat Pemkab Lambar, dalam pencegahan stunting, serta pekon ramah perempuan dan peduli anak harus ada dukungan semua pihak,” ujar Parosil.

Selanjutnya, Parosil berharap penanganan stunting harus serius, sehingga pemerintah selalu berupaya bekerjasama lintas sektoral, dengan adanya sinergi antara kelembagaan mudah-mudahan penanganan stunting di Lambar dapat ditangani.

“Saya berharap, kepada Peratin Pekon Sukaraja untuk melaksanakan program pangan mandiri, dengan mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam sederhana. Kemudian, Kepala Puskesmas Kecamatan Batu Brak, dan bidan desa harus melaksanakan pembinaan dan pendampingan, serta memberikan edukasi kepada orang tua untuk pencegahan stunting dengan cara mengunjungi langsung untuk pembinaan pola hidup dan sehat sebagai salah satu upaya mencegah stunting,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lampung, diwakili Ketua Bidang III Erna Suud Hanan mengatakan, ada 3 point penting dari TP-PKK yaitu, pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak anak dan pencegahan stunting.

“Permasalahan pencegahan stunting sangat penting, karena stunting berpotensi menurunkan kualitas generasi penerus, masih dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkan pencegahan stunting, untuk itu TP-PKK Provinsi Lampung hadir di Lambar pada hari ini,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan TP-PKK Lampung didampingi Bupati Lambar beserta jajaran mengunjungi Posyandu, pembinaan kader posyandu, pelayanan donor darah, pelayanan KB, ruang Genre Forum anak daerah, dapur sehat atasi stunting, ruang kampanye gizi peternakan, KWT, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Pekon Sukaraja.

Kemudian, Pemprov Lampung menyerahkan bantuan Mesin jahit, oven, paket kursi roda, alat bantu dengar, tongkat segitiga, sarana budidaya ikan, bibit ayam, bibit sayur dan buah, makanan olahan ikan dalam rangka gemarikan, kemeja sport untuk forum anak Lambar, dapur sehat atasi stunting (dahsat) kid, apron ibu menyusui, dan 2.500 telur ayam. (*/Hendri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *