DAERAHPESAWARAN

Program SEHAT-Nelayan 2022 Pemkab Pesawaran Luncurkan Ratusan Sertifikat

Staf Ahli Bidang Ekobang M Ahlusnuriski bersama BPN Pesawaran dalam kegiatan penyerahan sertifikat tanah nelayan 2022. (foto: Ist)

PESAWARAN-Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Staf Ahli Bidang Ekobang M. Alhusnuriski menghadiri penyerahan Sertifikat Tanah Nelayan Tahun 2022 yang berlangsung di Desa Sukarame Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran, Kamis (24/11/2022).

Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang Ekobang M. Ahlusnuriski menyatakan, penyerahan Sertifikasi Hak atas Tanah Nelayan (SeHAT-Nelayan) merupakan Program kerjasama Lintas Sektoral antara Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pesawaran dengan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam rangka legalisasi aset pelaku usaha mikro dan kecil, dalam hal ini pelaku usaha perikanan khususnya nelayan yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Staf Ahli Bidang Ekobang Ahlusnuriski mengatakan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan legalitas atau kepastian hukum hak atas tanah milik nelayan, sehingga dapat dimanfaatkan nelayan untuk mengakses permodalan pada lembaga keuangan seperti bank maupun non-bank. Melalui upaya tersebut diharapkan nelayan dapat memperoleh modal untuk mengembangkan usaha penangkapan ikan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan nelayan yang ada di Kabupaten Pesawaran.
 
“Kegiatan Sertifikasi Hak atas Tanah Nelayan telah dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022, dimana sertifikat tanah milik nelayan yang telah di terbitkan melalui kegiatan ini yaitu sebanyak 830 sertifikat tanah. Pada tahun ini, Sertifikat Tanah Nelayan yang diterbitkan melalui Program SeHAT-Nelayan sebanyak 170 Sertifikat Tanah yang dialokasikan di Desa Sukarame Kecamatan Punduh Pedada dan 106 Sertifikat untuk Desa Kampung Baru Kecamatan Marga Punduh sebanyak 64 Sertifikat,” jelas Nuriski.

“Desa Sukarame dan Kampung Baru merupakan desa pesisir di Kabupaten Pesawaran yang memiliki potensi perikanan yang cukup besar, sehingga dengan adanya program-program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat nelayan untuk mengembangkan usaha di bidang perikanan. Oleh karena itu, kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat Desa Sukarame dan Desa Kampung Baru demi suksesnya pembangunan dan peningkatan pendapatan masyarakat dari sektor perikanan,” ujarnya.

Diakhir, Staf Ahli mengajak semua nelayan untuk menjadikan momentum penyerahan sertifikat ini sebagai tonggak untuk menyatukan gerak langkah kita guna semakin merapatkan barisan dalam rangka bersatu padu guna melaksanakan pembangunan di segala bidang agar Kabupaten Pesawaran semakin maju dan sejahtera.

“Perlu juga saya sampaikan kepada seluruh masyarakat penerima sertifikat tanah untuk menggunakan sertifikatnya dengan baik dan benar. Manfaatkan sertifikat yang telah diberikan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir Kabupaten Pesawaran. Jangan dijadikan jaminan di bank untuk hal-hal yang tidak produktif, seperti untuk membeli kendaraan dan sebagainya yang kurang bermanfaat,” tandasnya. (Indra)

Comment here