Puncak HPN 2023, Gubernur Sumut Igatkan Pers Bebas Bertanggung Jawab

MEDAN – Pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan Sumatera Utara (Sum-ut) Gubernur Edy Rahmayadi didaulat memberi sambutan sebelum Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, dan Presiden Jokowi, di Gedung Serbaguna (GSG) Jalan Williem Iskandar, Pancing, Deli Serdang, Kamis (09/02/2023).

Setelah menyapa tamu undangan dan ucapan hari pers senada dengan Presiden Jokowi, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi juga mengingatkan pers bebas dan bertanggung jawab. Dalam kode etik jurnalistik disampaikan, wartawan Indonesia dalam menghasilkan berita harus akurat berimbang dan tidak beritikad buruk, dan harus sesuai dengan hati nurani.

“Ini tugas pemberitaan melayani kemanusiaan dan hati nurani,” kata Edy Rahmayadi, yang pada kesempatan tersebut menerima Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Edy Rahmayadi berharap pers berperan penting memperkuat penggunaan nalar publik yang menuju pada kebaikan. Penghargaan tertinggi profesi jurnalistik bagaimana pers bertanggung jawab pada upaya pembangunan kemanusiaan secara utuh.

“Ada satu teori yang menyatakan kenyataan dapat dibentuk dan suatu versi kebenaran dapat dikonstruksi secara maya. Awalnya saya meragukan teori ini. Namun hari ini, teori itu ada benarnya,” ujarnya.

Gubernur Edy juga meminta pers untuk terus memberitakan informasi mengenai potensi Sumut. Sesuai dengan arahan Jokowi, seluruh pihak mestilah berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi termasuk pers.

“Saya menitipkan ke semua insan pers yang hadir untuk dapat menulis hal-hal positif tentang Sumut. Apakah tentang kulinernya, budaya, pariwisata dan potensi ekonomi lainnya. Yang akan memberikan citra positif bagi investor dan wisatawan datang ke Sumut,” pungkasnya.(Mis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *