Bupati Dendi Bersama Bunda KWT Terima  Kunjungan Ketua Komisi IV DPR RI

PESAWARAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Ketua TP -PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi menerima kunjungan Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin di Aula Masjid Islamic Center Gedong Tataan, Sabtu (03/06/2023).

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan sektor-sektor dominan seperti pertanian, kehutanan, perikanan dan industri pengolahan, agar mampu membantu mencapai target pertumbuhan ekonomi Kabupaten.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona  mengatakan,  atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pesawaran mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Kabupaten Pesawaran Bumi Andan Jejama kepada Ketua komisi IV DPR MPR RI beserta rombongan dan segenap tamu undangan yang telah berkenan hadir dalam acara ini.

“Dengan Hari Lahirnya Pancasila kita Bangkitkan SDM Pertanian Menuju Pertanian yang Mandiri dan Berkelanjutan”, tema ini diambil tidak sekedar bentuk perayaan terhadap Lahirnya Pancasila, akan tetapi merupakan bentuk perwujudan dari Pancasila itu sendiri. Pancasila tidak hanya sebuah ideologi, namun juga merupakan cita-cita bangsa untuk mewujudkan negara yang sejahtera dengan kedaulatan yang dimilki oleh
warga negaranya, termasuk didalamnya kedaulatan di bidang Pertanian, “kata Bupati Dendi.

Bupati Dendi juga menjelaskan, tantangan pembangunan pertanian saat ini tidak
hanya sebatas pada tingginya alih fungsi lahan, isu perubahan iklim ataupun kelangkaan sarana produksi seperti pupuk, akan tetapi pembangunan pertanian saat ini dihadapkan pada tantangan perdagangan bebas yang
menuntut standar kualitas produksi yang tinggi,

“Dibarengi dengan kualitas SDM pertanian yang mumpuni. Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM pertanian, diperlukan upaya-upaya yang dapat menggerakan para pelaku usaha pertanian agar memiliki kemampuan yang unggul, inovatif dan berkarakter kewirausahaan sosial yang berbasis teknologi. Selain itu, pelaku usaha pertanian khususnya petani harus mampu membangun jejaring kerja yang dapat mengoptimalkan potensi baik potensi alam yang dimiliki maupun potensi diri yang dapat dikembangkan,”tuturnya.

Untuk itu, lanjut Bupati, guna mendukung aktivitas usaha petani, Pemkab Pesawaran memiliki komitmen memberikan ruang yang lebih bagi peningkatan kualitas SDM pertanian melalui program pembangunan pertanian, antara lain berupa peningkatan kualitas penyuluh pertanian dan kapasitas petani.

“Melalui pelatihan dan bimtek, serta studi banding yang antara lain kita fasilitasi melalui kegiatan Pekan Nasional (PENAS) bagi KTNA. Pemerintah Kabupaten Pesawaran juga telah memberikan fasilitasi bagi kelompok tani milenial sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan kualitas SDM pertanian,”ujar Bupati menimpali.

Selain itu, kata Bupati Dendi, upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran tentunya tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini kami mohon dukungan dalam hal ini kepada Komisi IV DPR RI beserta Kementerian Pertanian agar pembangunan pertanian di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan secara optimal.

“Tidak semata pada bantuan yang bersifat fisik, akan tetapi fasilitasi bagi peningkatan kualitas SDM pertanian. Saya berharap kita yang ada disini dapat saling berkolaborasi dan berkontribusi secara penuh dan sungguh-sungguh dalam upaya pembangunan pertanian di Kabupaten Pesawaran,”imbuhnya.

“Mari kita jadikan momentum Hari Lahirnya Pancasila ini sebagai perwujudan peran pembangunan pertanian dalam menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai sendi-sendi kehidupan masyarakat,”tandasnya.

Sementara, Pembina Kelompok Tani yang juga Bunda KWT Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, Kabupaten Pesawaran
merupakan sebuah karunia dan rahmat Allah SWT, dengan dianugerahi bentang alam pesisir pantai dan daratan yang menjadikan Kabupaten Pesawaran memiliki potensi sumber daya alam berupa pertanian, perikanan, kehutanan dan pariwisata.

“Potensi Sumber Daya Alam inilah yang menjadikan Kabupaten Pesawaran menjadi pemasok pisang bagi Provinsi Lampung, menjadi kawasan sentra produksi jagung dan padi. Dan yang lebih membanggakan adalah Kabupaten Pesawaran merupakan penghasil cokelat terbesar di Provinsi Lampung,” ujar Nanda.

Selain itu, Nanda juga menuturkan, sektor pertanian telah membuktikan ketangguhannya, terutama pada masa pandemi Covid-19. Disaat semua industri terjun bebas menghadapi wabah, pertanian justru datang menjadi penyelemat ekonomi di masa pandemi. Produksi, pangsa dan penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian justru mengalami pertumbuhan yang positif selama masa pandemi.

“Saya atas nama pribadi dan selaku Pembina Kelompok Wanita Tani Kabupaten Pesawaran mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pesawaran kepada Ketua komisi IV DPR MPR RI beserta rombongan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi IV DPR-RI dan Kementerian Pertanian RI yag telah memberikan perhatian terhadap pembangunan di Kabupaten Pesawaran khususnya  pembangunan bidang pertanian. Semoga kunjungan ini akan membawa manfaat luas bagi masyarakat khususnya bagi peningkatan kualitas SDM Pertanian yang ada di Pesawaran,”ucap Nanda.

Nanda juga berharap, agar seluruh insan pertanian di Kabupaten Pesawaran bersama dengan stakeholder terkait yang berada di garis terdepan, dapat menjadikan hari ini sebagai momentum untuk saling berkolaborasi dan berkontribusi secara penuh dan serius dalam upaya pembangunan pertanian dalam mencapai Ketahanan pangan bagi masyarakat di Kabupaten Pesawaran.

Ditempat yang sama, Direktorat Jendral (Dirjen) Pertanian Ali Jamil mengatakan, bahwa kegiatan hari ini bukan di Kabupaten Pesawaran saja melainkan seluruh Indonesia.

“Karna Pak Sudin Ketua Komisi IV DPR RI, Jadi kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia, mengingat Pak Sudin ini bukan hanya Ketua Komis IV DPR RI, tapi beliau juga adalah bapak penyuluh pertanian,”ungkap Ali.

Sementara itu terpisah, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan, Saat ini kita  tengah dilanda krisis pangan dunia, tapi bukan di Indonesia saja, kalau  di Indonesia masih sangat bagus, semua itu dikarenakan petaninya rajin penyuluhnya  pun rajin turun ke lapangan.

“Saya kaget tadi, pas saya didaulat oleh pak Bupati Pesawaran sebagai bapak penyuluh, saya bersama kementerian Dirjen Pertanian pak Ali Jamil  akan melakukan Rapat kerja nasional (Rakernas) untuk membahas dan mengevaluasi anggaran tahun 2024, untuk itu kepada bapak ibu sekalian saya minta doanya,”kata Sudin.(Indra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *