Pokdakan di Pesawaran Kecewa, Ribuan Benih Ikan Gurame Mati

PESAWARAN-Sejumlah Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Pesawaran, yang mendapatkan bantuan ribuan benih Ikan Gurame dan Lele merasa kecewa.

Pasalnya, bantuan benih ikan Gurame sebanyak 20 ribu, dan 9.600 kg pakan yang disalurkan Dinas Perikanan Kabupaten Pesawaran untuk 4 Pokdakan di tiga kecamatan, benih ikanya banyak yang mati.

Keluhan itu, salah satunya disampaikan oleh Nurul Fathoni selaku Ketua Pokdakan di Kabupaten Pesawaran, Kamis (31/12/2020) silam.

Dijelaskanya, dari ke empat Pokdakan
yang menerima bantuan benih ikan Gurame mendapatkan 5 ribu benih ikan dan pakan 2.400 kg/Pokdakan.

“Bantuan benih ikan, banyak yang mati. Akibatnya, dalam kelompok satu orang hanya kebagian 78 benih ikan,” ujarnya.

 

Namun, kata Nurul benih ikan yang mati itu sudah dilaporkan oleh Pokdakan kepada Dinas Perikanan Pesawaran, dan sudah dilakukan pengecekan penyebab matinya ribuan benih ikan tersebut.

“Setelah di cek, alasan mereka matinya benih ikan karena airnya edentis hujan, dan menjadi penyakit. Namun, sampai sekarang benih ikan yang mati itu belum diganti, alasan pihak Dinas Perikanan sedang menari solusinya,” tukas Nurul.

Sementara itu, Kepala Dinas maupun salah satu Kabid Perikanan Kabupaten Pesawaran, sampai berita ini diterbitkan belum memberikan tanggapan.

Bahkan, saat wartawan SKH Mediarakata ingin konfirmasi Kepala Dinas Perikanan melalui ponselnya, sedang tidak aktif. Sedangkan, Firdaus salah satu Kabid di Dinas Perikanan meskipun ponselnya aktif tidak memberikan tanggapan. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *