DAERAHTANGGAMUS

Dinsos Lampung Monev Program DTKS di Tanggamus

TANGGAMUS-Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Lampung, Aswarodi monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kabupaten Tanggamus, Rabu ( 19/5/2021).

Ia menjelaskan bahwa kunjungannya ke Kabupaten Tanggamus untuk memastikan, pelaksanaan kegiatan pemutakhiran DTKS dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kegiatan kami di Tanggamus, mulai dari rapat kordinasi, sosialisasi dan Monev untuk memastikan DTKS tahun 2021 di mutahirkan, verivikasi dan validasi sehingga benar-benar akurat dan baik,” jelasnya.

Menurut Aswarodi, hal itu sejalan dengan strategi nasional tentang pemberantasan korupsi 2021, dimana diamanatkan semua sistem regulasi dan kebijakan diterbitkan secara akuntabel menutup celah terjadinya korupsi.

“Dengan harapan, tidak muncul lagi data KPM yang tidak sesuai dengan kriteria orang miskin. Maka, Dinsos Lampung, mensosialisasikan penggunaan aplikasi berbasis android,” tukasnya.

Bahkan, kata Aswarodi, pihaknya sepakat dengan Dinsos kabupaten/kota se-Lampung, akan menerapkan aplikasi berbasis android ‘Siks Droid’. Karena, aplikasi ini tidak dapat memanipulasi data. Sedangkan, di Kabupaten Tanggamus telah menerapkan aplikasi tersebut.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Tanggamus, sudah melaksanakan, Pemda sudah menganggarkan, Pekon-pekon sangat mendukung program ini dan mereka sudah melakukan bimtek serta mengalokasikan dana untuk intensifnya,” tukasnya.

Sementara itu, Kadinsos Kabupaten Tanggamus, Zulfadhli menyambut baik dan mendukung program tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih, atas pelaksanaanya FGD validasi dan verifikasi DTKS dan Monev Bansos. Arahan dan masukan, menjadi motivasi untuk perbaikan kinerja dan pelaksanaan program mendatang,” pungkasnya.(man)

Comment here