DAERAHTANGGAMUS

Sekdakab Tanggamus Berharap e-SUKMA RATU Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

TANGGAMUS – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanggamus meggelar launching Aplikasi Survey Kepuasan Masyarakat Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul (e-SUKMA RATU) secara virtual, Rabu (1/9/2021).

Launching e-SUKMA RATU yang digagas oleh Bagian Organisasi Sekretariat Pemkab setempat itu, diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kecamatan dan Puskesmas se Kabupaten Tanggamus dari ruang kerjanya masing-masing.

Dalam sambutannya, Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis menyambut baik hadirnya e-SUKMA RATU dan berterima kasih kepada Bagian Organisasi yang telah membuat dan menyiapkan aplikasi e-SUKMA RATU di Kabupaten Tanggamus.

“Hal ini merupakan upaya kita bersama sebagai penilaian terhadap kinerja penyelenggara pelayanan publik yang ada di Kabupaten Tanggamus secara berkelanjutan. Salah satu metode penilaian mutu pelayanan tersebut adalah melalui evaluasi. Sehingga kita dukung sekaligus launching program Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) melalui aplikasi e-SUKMA RATU inj,” ungkap Sekda.

Melalui penilaian tersebut, lanjut Sekda, akan dilakukan perbaikan dan evaluasi sehingga akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan, penataan sistem mekanisme dan prosedur sehingga pelayanan itu menjadi lebih berkualitas.

“Kami berharap, dengan e-SUKMA RATU akan menumbuhkan prakarsa dan peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di seluruh Perangkat Daerah yang melaksanakan pelayanan publik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Ristika Trianita dalam laporannya menyampaikan, dasar pelaksanaan e-SUKMA RATU adalah Undang Undang nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan Peraturan Menpan RB RI nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman survey kepuasan pelanggan terhadap pelayanan publik.

“Tujuan E-SUKMA RATU itu sendiri, untuk mengetahui tingkat kepuasan serta menunjukkan aspek kepuasan masyarakat atas pelayanan publik di lingkup Pemkab Tanggamus,” kata Ristika.

Selain itu, lanjut Ristika, dengan E-SUKMA RATU, setiap pelaku pelayanan publik mendapat penilaian atas kinerja serta kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat dan dijadikan sebagai acuan perbaikan atau peningkatan kinerja secara berkesinambungan.

“Sasaran E- SUKMA RATU yaitu yang disebut penyelenggara pelayanan publik yang meliputi, Perangkat Daerah, Kecamatan, Puskesmas, Kelurahan hingga Pekon. Lalu sasaran selanjutnya yaitu penerima pelayanan publik tersebut, dalam hal ini seluruh masyarakat Tanggamus,” pungkasnya.(man)

Comment here