DAERAHLAMPUNG SELATAN

Kejar Herd Imunity, Pemkab Lamsel Kerahkan Ratusan Vaksinator


LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan Lamsel mengerahkan ratusan tenaga vaksinator untuk mendukung kegiatan vaksinasi covid-19, dalam rangka mengejar herd immunity atau kekebalan kelompok.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, sedikitnya ada 583 vaksinator yang tercatat di seluruh puskesmas untuk mendukung kegiatan vaksinasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Basuki Didik Setiawan menjelaskan, vaksinator untuk kegiatan vaksinasi itu merupakan tenaga kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan.

“583 vaksinator ini bertugas di seluruh puskesmas rawat inap dan puskesmas di Kabupaten Lampung Selatan,” jelasnya saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Senin (11/10/2021).

Dia menyatakan dengan jumlah vaksinator yang ada, pihaknya meyakini dapat menyuntikan vaksin teehadap 250-500 orang/hari.

“Tentu dengan catatan, jumlah vaksin untuk Lampung Selatan sudah memadai,” kata Didik.

Selain itu, terdapat juga tambahan vaksinator yang bertugas di sejumlah rumah sakit di Lampung Selatan, diantaranya RSBB Kalianda, RS Medika Natar, RS Airan dan RS Bandar Negara Husada.

“Jadi, tidak hanya di puskesmas dan PRI, ada juga yang di rumah sakit,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan, Senin, 11 Oktober Pemkab Lampung Selatan Gebyar Vaksinasi Covid 19 yang digelar di lokasi GOR Wayhandak Kalianda, Kelurahan Waylubuk, menuju Herd Immunity.

“Sasarannya masyarakat umum. Dilokasi itu disediakan 1.500 dosis vaksin jenis Sinovac,”tegasnya. (Lim)

Comment here