DAERAHPERINGSEWU

Inspektorat Provinsi Lampung Gelar Entry Briefing dengan Pemkab Pringsewu

PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu menerima kunjungan Inspektorat Provinsi Lampung dalam rangka Entry briefing pembinaan dan pengawasan berkala atas penyelenggaraan pemerintah kabupaten Pringsewu tahun 2021 yang berlangsung di aula utama pemkab setempat, Rabu (13/10/2021).

Kunjungan inspektorat provinsi yang dipimpin oleh Fredy beserta rombongan tersebut diterima dan disambut oleh Bupati Pringsewu, Sujadi yang didampingi sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi, Inspektur Pringsewu Andi Purwanto, serta dihadiri oleh para staf ahli Bupati, para asisten setdakab, serta sejumlah kepala OPD kabupaten Pringsewu dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Fredy menyampaikan, pelaksanaan pembinaan dan pengawasan berkala di Kabupaten Pringsewu ini merupakan kegiatan pelaksanaan tugas kewenangan gubernur selaku wakil pemerintah pusat berdasarkan Pasal 378 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat melakukan pengawasan umum dan pengawasan teknis terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten atu au kota,” kata Fredy menyampaikan sambutan Gubernur Lampung,  Arinal Djunaidi.

Kemudian Pasal 10 Ayat (1) huruf b Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota, dilaksanakan oleh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk pengawasan umum dan teknis,” tuturnya.

Selanjutnya, Fredy berharap, seluruh OPD dapat bekerja sama dengan baik selama 16 hari kedepan untuk proses pembinaan dan pengawasan. Sehingga kegiatan pembinaan dan pengawasan berkala tersebut dapat berjalan dengan lancar, efektif dan efisien.

Diungkapkan pula oleh Fredy bahwa dirinya salut/merasa bangga atas kinerja Pemkab Pringsewu selama ini yang mana hasil dari tindak lanjut inspektorat selalu ditanggapi dengan baik bahkan mencapai nilai 100% jauh dibandingkan dari kabupaten/kota lainnya ini merupakan prestasi tersendiri bagi Pemkab Pringsewu,”ungkapnya.

Diakhir kata sambutan dirinnya juga mengharapkan bantuan pak bupati dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk dapat memberikan bahan atau data dalam rangka Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2021.

“Mudah mudahan kedatangan kami kesini bisa menjadikan pemkab pringsewu lebih baik lagi kedepan dalam menjalankan tugas² kenegaraan khususnya pemerintahan di kabupaten Pringsewu.” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Pringsewu, Sujadi dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang kepada inspektorat provinsi Lampung di kabupaten pringsewu
Kabupaten yang terus bergerak dalam tahap perbaikan untuk menuju kabupaten yang terbaik.

Sujadi juga berpesan kepada para OPD agar kiranya memberikan data informasi yang dibutuhkan oleh inspektorat dengan semboyan dijawab sebelum ditanya dan diberi sebelum diminta yang artinya apa-apa yang dibutuhkan dan diperlukan agar secara cepat dalam hal pelayanannya.

“Kerjasama antara satu sama lain adalah tujuan kita bersama untuk meningkatkan PAD kita terus berupaya memberikan yang terbaik dalam hal pembangunan di kabupaten Pringsewu dengan tetap memegang prinsip yang selalu di tekankan yaitu 100-0-100 artinya 100% benar dalam perencanaannya, 0% kesalahan dalam pelaksanaannya dan 100% benar dalam pertanggungjawabannya. agar OPD untuk terus menerus menjalankan prinsip tersebut secara aktif dan profesional sebagai landasan dalam kinerja,”Ungkapnya.(Bal)

Comment here