DAERAHTANGGAMUS

Pemkab Tanggamus Gelar Peringatan HCTPS ke XIV

TANGGAMUS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melaksanakan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke XIV Tahun 2021, yang ditempatkan di SMPN 2 Sumberejo, Jumat (15/10/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wakil Bupati AM. Syafi’i, Wakil II Ketua Dewan Tedi Kurniawan, Ketua TP PKK Sri Nilawati Syafi’i, Ketua Dharma Wanita Nuraini Lubis, Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Inspektur Ernalia, Kadis kesehatan Taufik Hidayat, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Uspika Kecamatan Sumberejo, Ketua TP PKK Kecamatan Sumberjo, Kepala Pekon setempat, Kepala SMPN 2 Sumberejo, Duta Genre HCPTS, serta para guru dan siswa SMPN 2 Sumberejo.

Bupati Dewi Handajani dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Peringatan HTCPS Tingkat Kabupaten Tanggamus, yang dilaksanakan dengan tema “Masa Depan Kita di Tangan Kita”.

Menurut Bupati, Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober, merupakan momen penting untuk mengkampanyekan perilaku mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir. Juga sebagai salah satu langkah konkrit dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 dan upaya pencegahan stunting.

Lanjut Bupati, dimasa pandemi Covid 19 ini, tingkat kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan memakai sabun sudah mulai terlihat nyata.

“Namun demikian upaya agar perilaku ini menjadi budaya harus terus digalakkan, sebagai hal yang sangat penting bagi kesehatan,” ujar Bupati.

“Saya berharap, dengan diadakannya kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun di Air Mengalir yang diinisiasi oleh TP-PKK Kabupaten Tanggamus bermitra dengan Dinas Kesehatan, dapat membudayakan gerakan cuci tangan pakai sabun di air mengalir, sehingga menjadi perilaku baru di masyarakat,” harap Bupati.

Sementara Kadis Kesehatan Taufik Hidayat, menyampaikan bahwa tujuan Peringatan HCTPS Sedunia secara umum adalah untuk membiasakan diri cuci tangan Pakai Sabun di air yang mengalir (CTPS) pada anak usia sekolah sejak dini, seluruh keluarga, yang merupakan cara mudah hidup sehat, murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja guna mencegah berbagai penyakit menular.

Taufik menambahkan, selama ini pihaknya telah melakukan sosialisasi agar bagaimana mencuci tangan pakai sabun menjadi salah satu prosedur kesehatan melalui ‘Senam Prokes Tanggamus”.

“Cuci tangan pakai sabun dapat dengan mudah dilakukan, dengan penuh keceriaan dan tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Penanaman perilaku CTPS sejak dini dibangku pendidikan hendaknya terus kita bimbing sampai ke rumah dan dimanapun mereka berada sehingga perilaku sehat ini terpelihara, kontinyu dan menjadi budaya dalam hal CTPS dilingkungan masing-masing, guna terwujudnya masyarakat Tanggamus yang sehat,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan dengan senam HCTPS, kemudian melakukan cuci tangan bersama oleh Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua TP PKK, Ketua DWP, dan Jajaran Pemerintah Tangggamus.

Adapun Peringatan HCTPS di Kabupaten Tanggamus ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Kecamatan se Kabupaten Tanggamus yang dipimpin oleh masing-masing Camat, sebagai upaya mensosialisasikan dan membudayakan cuci tangan pakai sabun secara luas kepada masyarakat. (man)

Comment here