DAERAHMESUJIPOLITIK

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Mesuji Rekrut 21 Orang Panwascam

Ketua Bawaslu Apri Susanto dan anggota Bawaslu Kabupaten Mesuji saat membahas perekrutan Panwascam.(foto: Bawaslu)

MESUJI-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji akan merekrut 21 orang yang akan ditempatkan di 7 kecamatan dikabupaten setempat sebagai panitia pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Hal itu dikatakan anggota Bawaslu Kabupaten Mesuji Imron Tholib, Selasa (13/09/2022).

“Saat ini untuk pembentukan Panwaslu kecamatan sudah masuk pada proses sosialisasi yang dilaksanakan selama dua belas hari yakni sejak 10-21 september 2022,” jelasnya.

Dia menerangkan, setelah tahap sosialisasi, nanti dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran dan dijadwalkan pada 15-21 September 2022.

Sedangkan, untuk Penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan pada 28-30 September 2022.

“Pengumuman masa perpanjangan pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan pada 1 Oktober 2022,” terangnya.

Kemudian, perpanjangan masa pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan 2-8 Oktober 2022.

Lanjutnya, Slselain itu Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi para peserta. Usia paling rendah 25 tahun. Pendidikan minimal SMA sederajat. Integritas sangat diutamakan. Itu dibuktikan dengan tidak pernah dipidana penjara.

“Dan yang tidak kalah penting, pelamar bukan anggota serta pengurus salah satu  partai politik (parpol) peserta pemilu. Sebab, itu bisa memengaruhi independensi petugas dalam pengawasan pemilu,” imbuhnya.

Imron juga mengatakan bahwa Bawaslu  akan melihat  rekam jejak dari seluruh pendaftar.

“Mari putra-putri terbaik di Kabupaten Mesuji untuk dapat mengikuti proses ini dengan baik, sehingga sama-sama kita bisa melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024,” pungkasnya. (Mis)

Comment here