DAERAHTUBABA

Pemerintah Tiyuh Daya Asri Tubaba Laksanakan Berbagai Program

Kepalo Tiyuh Daya Asri, Alif Fiantoro. (foto: ist)

TULANGBAWANG BARAT-Tahun 2022, Pemerintah Tiyuh Daya Asri, Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), melaksanakan berbagai program.

Kepala Tiyuh Daya Asri, Alif Fiantoro mengatakan, dari besaran Dana Desa (DD) yang diterima tahun 2022 sebesar Rp860 juta, pihaknya merealisasikan beberapa program diantaranya, yakni program fisik berupa gorong-gorong kecil.

Alif menjelaskan, terdapat 13 gorong-gorong, yang terbagi dari Suku (RK-red) yang ada di Tiyuh Daya Asri. Untuk besaran nilai kegiatannya fluktuatif, mulai dari Rp9 juta sampai Rp12 juta lebih. Saat ini tinggal 5 gorong-gorong yang belum dikerjakan, karena terkendala cuaca.

“Gorong-gorong tersebut sudah bisa dirasakan oleh masyarakat manfaatnya. Yaitu, air mengalir dengan lancar, lalu lintas petani menjadi lancar. Kami juga tetap optimis pekerjaan akan selesai pada akhir tahun, di bulan Desember ini,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (24/11/2022).

Lanjutnya, terdapat juga program ketahanan pangan yang dialokasikan sebesar 20 persen dari Dana Desa (DD) tahun 2022. Yakni, berupa pembagian bibit sayuran, penanaman labu madu, dan pembagian ternak kambing sebanyak 6 ekor.

Kemudian, program pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 104 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Masing-masing menerima uang tunai sebesar Rp300 ribu perbulan. Untuk penyalurannya dilakukan secara berkala. Ada yang satu bulan sekali, dua bulan depan, ataupun tiga bulan sekali,” paparnya.

Alif juga berharap semua pihak yang ada di Tiyuh Daya Asri dapat mendukung program yang telah dilaksanakan. Dengan berkolaborasi dan berinovasi bersama pemerintah tiyuh.

“Kami membuka diri kepada siapa saja yang ingin memajukan Tiyuh Daya Asri. Guna kebaikan bersama,” harapnya. (Jim)

Comment here