DAERAHTUBABA

2023, Pemkab Tubaba Siapkan 13,7 Miliar Dana Hibah untuk Instansi dan Lembaga

Marwazi
Kepala Kesbangpol Tubaba

TULANGBAWANG BARAT – Pemerintah Kabupaten (Tubaba) Tulangbawang Barat (Tubaba) menyiapkan dana hibah sebesar Rp13, 7 miliar.

Kepala Kesbangpol Tubaba, Marwazi mengatakan, dana belasan miliar itu akan dikucurkan keberbagai instansi dan lembaga. Diantaranya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polres Tubaba.

Marwazi menyebut, untuk tahun ini KPUD dan Bawaslu Tubaba menerima dan hibah sebesar 40% dari jumlah anggaran masing-masing keduanya.

Namun, besaran dana hibah KPUD dan Bawaslu Tubaba bakal bertambah di tahun 2024 mendatang, sebesar 60% dari jumlah anggaran masing-masing. Sementara  untuk Polres Tubaba tahun ini bakal menerima hibah sebesar Rp500 juta.

” KPUD bakal menerima sebesar Rp 7,592 miliar, Bawaslu Rp4,818 miliar dan Polres Tubaba menerima besaran hibah Rp500 juta dengan rincian, hibah Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebesar Rp35 juta, Operasi Ketupat sebesar Rp35 juta dan kegiatan tour wali sebesar Rp30 juta. Sisanya Rp400 juta hibah untuk kegiatan lainnya,” ujar Marwazi saat dikonfirmasi wartawan diruangannya, Selasa (24/01/2023).

Selain ketiga instansi tersebut, lanjut Marwazi, terdapat beberapa lembaga lain yang akan menerima kucuran dana hibah. Yakni,  Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) sebesar Rp250 juta, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rp50 juta.

Ia menjelaskan, dari dana hibah tersebut, Kesbangpol Tubaba juga menyiapkan anggaran untuk bantuan partai politik (Parpol) sebesar Rp385 juta, kemudian untuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Rp100 juta, Purna Paskibraka Rp 25 juta.

Kemudian, ada lagi untuk bantuan Ormas dan Organisasi Kepemudaan (OKP). Dan yang terakhir Paskibraka.

” Untuk tahun ini, dana hibah untuk Ormas dan OKP menurun dari tahun sebelumnya, yakni hanya sebesar Rp150 juta dari nilai sebelumnya sebesar Rp500 juta,” kata dia.

Ia menuturkan, untuk hibah Paskibraka sebesar Rp400 juta tahun Ini juga mengalami perubahan. Dimana sebelumnya  disalurkan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disporarekraf).

” Tahun ini kita yang dipercaya untuk menyalurkan. Selain itu ada juga dana untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Kemudian ada anggaran Administrasi Umum (Adum) kantor sebesar Rp288 juta,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Tubaba, Midiyan Dahlan mengatakan, dana hibah tersebut dipergunakan untuk persiapan Pemilukada. Dan mulai direalisasikan oleh Bawaslu Tubaba mulai  pada bulan September mendatang.

” Dana itu  untuk pembentukan badan Adhoc seperti PKD  dan kegiatan persiapan dan penunjang Pilkada tahun 2024 mendatang,” singkatnya. (Jim)

Comment here