BANDAR LAMPUNGNASIONALPROVINSI

Gubernur Arinal Tinjau Fasilitas Isoter Pasien Covid-19 di Kapal KM Lawit

BANDAR LAMPUNG-Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meninjau fasilitas Kapal KM Lawit yang akan menjadi tempat Isolasi Terpusat (Isoter) pasien Covid-19, di Dermaga C Pelabuhan Panjang, Kamis (19/08/2021).

KM Lawit merupakan kapal motor jenis ro-ro, yang digunakan sebagai moda transportasi laut yang melayani rute Jakarta-Pontianak-Semarang- Kumai (Kalimantan).

Saat ini, kapal tersebut tengah bersandar di dermaga C pelabuhan Panjang dan dipersiapkan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan kasus di Lampung.

Menurut Kapten KM Lawit, Herman Obrein bahwa kapal yang dipersiapkan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 ini memiliki kapasitas kurang lebih 400 tempat tidur, dengan fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi, joging track, dan fasilitas olahraga di deck atas serta didukung 50 orang kru kapal.

Untuk tenaga kesehatan (Nakes), nantinya akan ditempatkan di deck 5 dengan kapasitas 20 orang, sedangkan untuk pasien isolasi ditempatkan di deck 2, 3 dan deck 4.

Gubernur Arinal menyatakan, bahwa kegiatan pada hari ini adalah untuk mengecek secara langsung kesiapan kapal yang akan dipergunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Untuk mendukung operasional tempat isolasi ini, Arinal mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah mempersiapkan sejumlah Nakes.

“Kami menempatkan lebih kurang 20 Nakes terdiri dari dokter, perawat dan lain sebagainya, ini semua adalah perhatian khusus pemerintah dalam kondisi darurat kesehatan,” ujarnya.

Gubernur Arinal juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri Perhubungan, Menteri BUMN serta semua pihak yang telah membantu terwujudnya tempat isolasi pasien Covid-19, di KM Lawit.

Dalam kunjungannya tersebut, Gubernur Arinal didampingi Plt Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I (KSOP) Panjang, Hendri Ginting, GM Pelindo II, Adi Sugiri dan sejumlah pejabat Pemprov Lampung.(bud/ron/*)

Comment here