DAERAHTUBABA

TKKSD Tubaba Gelar Rapat Persiapan Penandatangan MoU

TULANGBAWANG BARAT – Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar rapat persiapan penandatanganan Mou dengan Universitas Saburai Lampung.

Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat Tata Pemerintahan (Tapem) Tubaba, Kamis (30/9/2021).

Sekretaris TKKSD Tubaba, Untung Budiono mengatakan, MoU tersebut sudah ditandatangani oleh Rektor Universitas Saburai Lampung. Tinggal menunggu tanda tangan Bupati Tubaba Umar Ahmad.

” MoU ini segera kita ajukan kepada pak Bupati untuk ditandatangani,” kata pria yang juga Kepala Bagian Tapem Tubaba.

Lanjutnya, dalam MoU tersebut membahas mengenai beberapa poin kerjasama antara Pemkab Tubaba dengan Universitas Saburai.

Diantaranya, pengembangan SDM ASN, Universitas Saburai memberikan fasilitas program pendidikan Strata 1 dan Strata 2 kepada ASN yang ada dilingkup Pemkab Tubaba.

” Kedepan, bagi ASN yang ada disini (Tubaba) yang ingin melanjutkan pendidikan, baik S1 atau S2, bisa melanjutkan pendidikannya di Universitas Saburai. Tentunya dengan diskon biaya,” kata dia.

Kemudian, kerjasama bidang hukum. Seperti membantu penyusunan naskah akademik, Perda dan Perbup.

Selanjutnya, yakni kerjasama di bidang bantuan hukum, seperti advokasi, konsultasi hukum dan edukasi.

Masih kata Untung, Universitas Saburai juga menawarkan kerjasama di bidang penelitian, pengembangan, dan penulisan serta publikasi.

” Seperti penelitian tentang budaya yang ada di tiyuh (desa) Tubaba, apa saja budaya yang memiliki potensi untuk dikembangkan, lalu ditulis dalam menjadi sebuah karya. Lalu dipublikasikan,” jelasnya.

Setelah ditulis dan dipublikasikan, lanjut Untung, karya tulis yang berisikan tentang Tubaba itu, memiliki potensi untuk mendatangkan tamu domestik ataupun luar negeri untuk berkunjung ke Tubaba.

Universitas Saburai juga, menawarkan kerjasama Bimtek untuk anggota DPRD. Seperti Bimtek pembahasan evaluasi APBD, penyusunan APBD dan lain sebagainya. Ada juga Bimtek untuk aparatur tiyuh.

” Kabupaten Mesuji yang sudah bekerjasama dalam hal Bimtek anggota DPRD,” pungkasnya. (Jim)

Comment here