DAERAHTUBABA

Bupati Umar Ahmad Sebut Ada Pejabat Tubaba Hanya Mengandalkan APBD

TULANGBAWANG BARAT-Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad menyebut ada sejumlah pejabat yang hanya mengandalkan APBD.

Banyak yang bekerja tanpa menggunakan ide, Inovasi dan gagasan untuk memajukan daerah.

Hal itu disampaikannya Bupati Umar Ahmad saat melantik 125 pejabat Eselon III dan IV Kabupaten Tubaba, di Kota Budaya Uluan Nugrik Panaragan Jaya, Jumat (22/10/2021).

“Jangan hanya datang, saat butuh jabatan. Selanjutnya, hanya satu atau dua hari saja aktif bekerja dan mempunyai gagasan. Seharusnya, pejabat selalu berupaya untuk memajukan Kabupaten Tubaba,” ujarnya.

Ia mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pejabat Tubaba untuk harus selalu berinovasi.

” Kebanyakan pejabat di Kabupaten Tubaba hanya mengandalkan APBD dan tak berupaya untuk menjemput bola program-program atau angggaran ke pemerintah provinsi atau pusat guna memajukan daerah,” ulasnya.

Biasanya, kata Umar, kalau baru saja dilantik menjadi pejabat masih rajin satu minggu, dan sudah menghilang satu bulan kemudian.

“Jangankan ide, dan inovasi buat Tubaba. Rambut mereka pun jarang terlihat. Kalau ditanya, selalu memberikan alasan yang klasik soal anggaran, coba ke depan dibalik inovasi dan ide-ide yang cemerlang dan baru bicara anggaran lalu kita carikan solusinya bersama,” ungkapnya.

Jadi, lanjut Umar, kedepan diharapkan seluruh pegawai memiliki inovasi dan ide yang cemerlang lalu dieksekusi bukan hanya sekedar ide sesaat. Dan saat akan di eksekusi, bingung sendiri harus dimulai dari mana dan caranya seperti apa.

“Kita tunggu ide-ide, dari ASN Tubaba. Coba pejabat belajar hidup menetap di Tubaba. Biar tahu rasanya, perasaan. Tapi kalau selalu PP, ke rumahnya di Bandar Lampung, Metro, dan lain sebagainya otomatis tidak akan merasakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga tidak ada rasa ingin berbuat untuk kemajuan Kabupaten Tubaba,” tukasnya.

Menurutnya, jika hanya mengandalkan APBD, mungkin Kabupaten Tubaba tidak sampai seperti saat ini. Jadi, dibutuhkan inovasi dan ide-ide, guna menggali apa yang ada di Tubaba.

“Saya harapkan, kepada Sekda kedepannya agar benar-benar menilai pegawai yang kerjanya kurang baik atau buruk agar segera di demosi. Jangan pandang bulu, ini demi kemajuan Tubaba,” tandasnya. (Jim)

Comment here