DAERAHTUBABA

Buka Lampung Sundanese Art Festival, Ini Harapan Bupati Umar Ahmad

TULANGBAWANG BARAT-Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad berharap kegiatan Lampung Sundanese Art Festival VI tahun 2021 bisa mengingatkan masyarakat tentang budaya.
Hal itu disampaikannya saat membuka festival yang mengenalkan budaya orang sunda tersebut, di Uluan Nughik Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten setempat, Sabtu (30/10/2021).
Dikatakan Umar, bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan suatu proses Akulturasi Budaya yang kedepannya menjadi perhatian, bukan hanya bicara seni tetapi juga sudut pandang lainnya seperti pangan, lingkungan, dan lain-lain.
“Saya ucapkan terimakasih kepada Paguyuban Pasundan yang telah memilih Tubaba menjadi tuan rumah pagelaran Festival, dan diharapkan ini menjadi ajang silaturahmi untuk mengenal budaya masing-masing daerah tanpa menghilangkan kebudayaan asli daerah itu sendiri. Dan dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, acara ini resmi dibuka,” ujar Bupati.
Sementara, dikatakan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang disampaikan oleh kepala UPTD pengelolan wisata menara Lampung, Saludin. Diselenggarakannya kegiatan ini paling tidak ada dua hal yang dapat dipetik bersama yakni, memperkokoh rasa persaudaraan dan hubungan tali silaturahmi diantara warga Lampung yang berasal dari Jawa Barat, dan menambah wacana seni budaya Provinsi Lampung.
“Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya memelihara dan menjalin tali silaturahmi, melestarikan seni budaya daerah Sunda maupun Lampung, sekaligus mempromosikan destinasi wisata khususnya di Tubaba, dan umumnya di Provinsi Lampung kepada khalayak ramai,” Kata Ketua Paguyuban Pasundan Provinsi Lampung, Bustomi Rosadi.
Terpisah, Ketua Paguyuban Pasundan Tubaba, Syarif Hidayat, mengatakan. Pada kegiatan Festival ini digelar beberapa perlombaan yang merupakan kolaborasi kebudayaan Sunda dan Lampung, yakni, Rampak Sekar, Anggana Sekar Putra, Anggana Sekar Putri, Rampak Silat, Tari Bedana, Tari Jaipongan, dan Pantun.
“Peserta lomba yang mengikuti Festival hari ini adalah mereka yang masuk Nominasi 5 besar setelah sebelumnya diseleksi sejak 17 Oktober lalu, dengan hadiah piala bergilir Gubernur Lampung untuk juara umum. dan Untuk diketahui, kegiatan Festival diselenggarakan selama 2 hari, yang mana untuk besok diisi dengan kegiatan Field Trip keliling Destinasi Wisata,” pungkasnya.
Tampak pula hadir Ketua DPRD Tubaba, Dandim 0412/LU diwakili Pabung, Kapolres, Sekdakab, para kepala OPD, dewan juri dari kesenian dan kebudayaan Universitas Lampung, Panitia Pelaksana, dan peserta lomba dari 15 Kabupaten Kota serta tamu undangan. (Jim)

Comment here