DAERAHTUBABA

Dinsos Tubaba dan Pemerintah Tiyuh Bantu Penyandang Disabilitas

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Tulangbawang Barat, Joni Tri Putra. (foto: ist)

TULANGBAWANG BARAT-Tahun 2022, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulangbawang Barat berkerja sama Pemerintah Tiyuh membantu masyarakat penyandang disabilitas.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Joni Tri Putra mengatakan, dinas setempat telah mengeluarkan surat edaran kepada kepalo tiyuh se Kabupaten untuk menganggarkan alat pembantu masyarakat penyandang disabilitas.

“Kemarin pak Kepala Dinas Sosial sudah membuat surat edaran, untuk alat pembantu seperti kursi roda, dianggarkan dalam anggaran dana desa,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan diruangnya, Selasa (30/11/2021).

Joni menuturkan, program tersebut bertujuan untu mengakomodir kebutuhan masyarakat penyandang disabilitas yang ada di setiap tiyuh. Dirinya optimis, bahwa tiyuh-tiyuh yang ada di Kabupaten Tubaba setuju akan hal tersebut.

“Tergantung tiyuhnya, mau menganggarkan atau tidak. Tapi yang jelas penggunaan dana desa memang tujuannya membantu masyarakat, saya yakin jika setiap tiyuh bersedia, pasti kita tidak akan kekurangan alat pembantu masyarakat penyandang disabilitas,” kata dia.

Untuk diketahui, kata Joni, sebelumnya pada tahun 2021 terdapat 3 alat pembantu masyarakat penyandang disabilitas di Dinas Sosial Tubaba yakni, kursi roda sebanyak 20 unit, alat pendengaran 10 unit dan 1 unit kacamata.

“Sampai dengan hari ini, kursi roda sisa 1 unit, dan alat pendengaran sisa 8 unit sementara untuk kacamata sudah habis,” jelasnya.

Sementara, Kepalo Tiyuh Pulung Kencana, Hendarwan mengatakan, dirinya belum mendengar soal surat edaran tersebut. Dia menyatakan, akan tetap melihat kondisi anggaran dana desa kedepannya.

“Kita menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Yang jelas kalau sifatnya untuk masyarakat, insyaallah kita akomodir,” pungkasnya. (Jim)

Comment here