DAERAHHUKUMLAMPUNG TENGAH

Tinggalkan Gerobak, Pedagang Siomai Bawa Kabur Motor Warga Lamtim

Motor Pembeli Siomai yang dibawa Kabur oleh RS alias Bukik, Sabtu (08/01/2022). (foto: dok)

LAMPUNG TENGAH-Unik dan Lucu bermaksud beli siomai lantaran lapar justru motor pembeli ditukar gerobak oleh pedagang.

Ceritanya begini korban Novian Dwi Saputra, (30) warga Desa Kota Raman, Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) bertandang ke rumah seorang rekan wanitanya di Kampung Sido Binangun, Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Sabtu (08/01/2022) lalu sekira pukul 12.00 WIB.

Disaat korban sedang nongkrong di rumah saksi, Tiba-tiba lewatlah seorang tukang siomai keliling. Saat itu, juga korban memanggil tukang siomai dorong yang belakangan diketahui bernama Riki Saputra alias Bukik (20), warga Dusun Sriagung KM 46 Desa Gunungtapa ilir, Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang (Tuba).

Mungkin, saat itu korban sedang lapar, Tiba-tiba ada tukang siomai dorong melintas didepan rumah saksi, dimana korban sedang nongkrong.

Hal itu dijelaskan oleh Kapolsek Seputih Banyak, AKP Tarmuji mewakili Kapolres Lamteng, AKBP Oni Prasetya, Jumat (14/01/2022).

Selanjutnya, kata Kapolsek, korban memanggil tukang siomai yang melintas sambil mendorong gerobak.

“Pelaku mendatangi korban, menanyakan ada apa mas? Saya mau beli siomai jawab korban,” kira-kira demikianlah percakapan keduanya.

Karena ada yang hendak membeli dagangannya, pelaku menyiapkan berbagai kebutuhan.

“Ternyata saat pelaku hendak menggoreng siomai, minyak makanya habis. Kemudian, pelaku mengatakan minyak gorengnya kebetulan habis, saya pinjam motornya sebentar ke warung beli minyak makan,” ujar Kapolsek menirukan percakapan pedagang dan pembeli.

Tanpa pikir panjang korban langsung menyerahkan motornya ke pelaku, dengan harapan agar cepat mendapat minyak goreng lalu memasak siomai pesanannya.
Sementara dasar otak kriminal, tersangka merasa diuntungkan langsung tancap gas dan kabur membawa motor pembeli siomai miliknya.

“Setelah motor diterima, pelaku langsung tancap gas dan kabur. Sementara, korban dengan setia tetap menunggu,” katanya.

Satu, dua tiga jam ternyata pelaku tak juga kunjung pulang membawa minyak goreng dan motornya, Novian sadar telah menjadi korban kejahatan. Saat itu juga korban melapor ke Polsek Seputihbanyak.

“Berbekal laporan dari korban, anggota melakukan penyelidikan. Diketahui tersangka kabur ke Panjang Bandar Lampung. Pelaku berhasil disergap saat bersembunyi di sebuah kosan, oleh Tekab 308, Polsek Seputihbanyak yang dibackup Polsek Panjang Bandar Lampung, Rabu (12/01/2022).

Saat ini, pelaku berikut barang-bukti telah diamankan di Mapolsek Seputihbanyak guna pengembangan lebih lanjut.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatanya pelaku dijerat dengan Pasal 378 atau 372 KUHP. (Rendi/Gunawan)

Comment here