DAERAHTUBABA

Oktober 2022, BPS Tubaba Lakukan Pendataan Regsosek

Kepala BPS beserta pejabat Pemkab dan beberapa unsur Forkopimda. (foto: ist)

TULANGBAWANG BARAT-Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) pada Oktober 2022.

Kepala BPS Tubaba, Sartika Yuliani mengatakan, pendataan Regsosek tepatnya dilakukan mulai 14 Oktober sampai 14 November 2022, sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial.

“Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Dimana pendataan ini akan dilakukan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia atau 514 Kabupaten/Kota, yang dijadwalkan pendataan lapangannya dimulai 15 Oktober – 14 November 2022,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, usai melaksanakan rapat koordinasi persiapan Pendataan Rasosek, Rabu (21/9/2022).

Sartika menjelaskan secara spesifik, dalam pendataan Regsosek kali ini, informasi yang dikumpulkan adalah Kondisi sosioekonomi demografis, Kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, Kepemilikan aset, Kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, Informasi geospasial, Tingkat kesejahteraan, dan Informasi sosial ekonomi lainnya.

“Program ini merupakan kali pertama dilaksanakan sebagai program nasional yang harus dilakukan tahun ini, untuk mendapatkan basis data seluruh penduduk dan menjadi acuan kebijakan Pemerintah kedepannya,” jelasnya.

Sartika menyebut total petugas yang disiapkan dalam pelaksanaan program pendataan Regsosek ini adalah 477 orang, dengan rincian 368 Petugas Pelaksana Lapangan (PPL), 94 Pengawas, 15 Koordinator Sektor Kecamatan.

“Nantinya petugas yang mendata akan turun secara door to door atau kerumah masing-masing masyarakat untuk melakukan pendataan, sehingga masyarakat juga diminta agar dapat bekerjasama jika ada pertanyaan yang harus dijawab secara jujur,” kata dia.

Dia meminta kerjasama kepada berbagai pihak untuk mensukseskan pelaksanaan program ini, mulai dari jajaran Pemkab hingga Pemerintah Tiyuh, TNI-Polri, dan lain-lain.

“Kita berharap pendataaan Regsosek dapat berjalan lancar, guna membantu pelaksanaan program Pemerintah kedepan sehingga dapat berjalan efektif terutama dalam hal kesejahteraan sosial ekonomi,” pungkasnya. (Jim)

Comment here