DAERAHTANGGAMUS

Laporan BMKG, Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Tanggamus

TANGGAMUS — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali melaporkan¬† terjadi gema berkekuatan 4,8 magnitudo di wilayah Tanggamus. Gempa tersebut terjadi pagi pukul 05.55 WIB dengan lokasi berada di 48 kilometer barat daya Tanggamus, Selasa (24/01/2023).

Pusat gempa berada di kedalaman 55 kilometer tenggara Pesisir Barat. BMKG melaporkan, koordinat gempa di 5.55 LS, 104.25 BT atau 48 km Barat Daya Tanggamus.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Kemudian di wilayah Ngaras Kabupaten Pesisir Barat dengan skala intensitas II MMI.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang..Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal.

“Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” kata Hartanto dalam keterangan persnya. (*/man)

Comment here