BANDAR LAMPUNG — Gubernur¬† Arinal Djunaidi menghadiri acara silaturahmi dan ramah tamah dalam rangka HUT RI ke-78 dan HUT TP (Tenaga Pembangunan) Sriwijaya ke-55 Tahun 2023 dengan tema ‘Memupuk Semangat dan Solidaritas Bersama untuk Indonesia yang Maju dan Unggul’ bertempat di Resto Lamban Sabah, Jumat (25/08/2023).

Gubernur dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa peringatan yang dirayakan hari ini memiliki makna yang dalam dan memiliki nilai-nilai luhur yang harus diwariskan kepada generasi penerus.

“Peringatan yang kita laksanakan hari ini membawa makna yang dalam, kita tidak hanya merayakan usia kemerdekaan Republik Indonesia yang semakin matang, tetapi juga menghormati perjalanan panjang Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya yang telah menjadi garda terdepan dalam pembangunan daerah kita. Kedua perayaan ini memiliki nilai-nilai luhur yang mesti kita lestarikan dan wariskan kepada generasi berikutnya,” ucapnya.

HUT ke-78 Kemerdekaan RI mengingatkan akan perjuangan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang telah berkorban dengan jiwa dan raga untuk mengantarkan bangsa ini menuju kemerdekaan.

“Semangat proklamasi yang terus hidup dalam diri kita adalah sumber inspirasi untuk terus berupaya menjaga keutuhan negara, menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, dan berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera,” lanjut Gubernur.

Di sisi lain, HUT TP Sriwijaya yang ke-55 adalah momen untuk merayakan kontribusi luar biasa para tenaga pembangunan dalam pembangunan fisik dan sosial di daerah.

“Saya sangat berharap kepengurusan anggotanya memahami makna dari TP Sriwijaya. TP Sriwijaya ini adalah pengabdian, sehingga jangan berfikir tentang apa yang bisa didapatkan, tapi berfikir tentang apa yang bisa diberikan untuk kepentingan bangsa, daerah maupun suku,” ucap Gubernur.

Gubernur dalam kesempatan tersebut juga berharap bahwa TP Sriwijaya juga dapat menjalin hubungan antar organisasi kemasyarakatan yang ada di Provinsi Lampung.

“Tolong dibuatkan acara antar organisasi lain yang dapat menumbuhkan rasa kedekatan. Dengan duduk bersama, akan timbul rasa kedekatan yang akan menjadi salah satu cara dalam menjaga kesatuan,” harap Gubernur.

Dengan pelaksanaan Pemilu 2024 yang semakin dekat, Gubernur juga meminta TP Sriwijaya untuk ikut berperan dalam menjaga agar tidak terjadi gesekan antar warga menjelang Pemilu 2024.

“Saya meminta agar TP Sriwijaya ikut berperan dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan serta ketertiban dan ketentraman sesuai dengan perannya untuk mengantisipasi terjadinya gesekan antar warga menjelang Pemilu 2024. Menjaga persatuan dan kesatuan antar seluruh warga sangat penting, agar tidak terjadi perpecahan saat pilihannya berbeda di Pemilu 2024. Kita berharap pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua TP Sriwijaya Provinsi Lampung Nur Hasanah menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dan HUT TP Sriwijaya ke-55, Pengda TP Sriwijaya Provinsi Lampung ingin ikut meneruskan dan mengisi pembangunan.

Selain meneruskan perjuangan tokoh-tokoh pahlawan, Pengda TP Sriwijaya melalui perayaan ini juga ingin meneruskan organisasi TP Sriwijaya yang dibentuk oleh tokoh-tokoh Sumbagsel.

Melalui perayaan ini, Nur Hasanah berharap dapat meningkatkan hubungan silaturahmi, kebersamaan dan kekeluargaan antar anggota serta mewujudkan sinergitas untuk bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung. (*/kmf)