Disdukcapil Tubaba Terapkan Pelayanan E-KTP Melalui Website

TULANGBAWANG BARAT-Dalam rangka meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien dimasa pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menerapkan pelayanan E-KTP melalui Website Disdukcapil dan Aplikasi E-smile Tubaba.

Kepala Disdukcapil Tubaba Ahmad Hariyanto mengatakan, E-Smile merupakan alternatif dari layanan-layanan yang telah diluncurkan sebelumnya dan kita juga ada tempat pengaduan pelayanan seperti WhatsApp Gateway Disdukcapil Tubaba 0823-7504-2210.

“Aplikasi tersebut sudah kita luncurkan sejak bulan September 2020. Didalamnya mencakup semua pelayanan pembuatan atau perubahan administrasi kependudukan baik KTP elektronik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Kartu Identitas Anak, update data pendudukan yang tidak online, dan surat pindah domisili. Akan tetapi untuk perekaman e-KTP harus dilakukan di kantor.” Kata Hariyanto saat di konfirmasi wartawan diruangnya, Rabu (18/11/2020).

Selain itu, Hariyanto menambahkan, dalam proses Disdukcapil keliling masih berjalan seperti biasa, kegunaan Capil keliling adalah untuk pencatatan kependudukan bagi lansia atau seperti orang yang sedang sakit. Tentunya masyarakat sangat terbantu dengan adanya Disdukcapil keliling.

“Saya mengimbau dan mengharapkan kepada warga masyarakat Tubaba yang masih belum memiliki E-KTP maupun lainya segera daftarkan diri melalui website Disdukcapil dan jika ada kendala maka laporkan ke pusat pengaduan di WhatsApp kami yang telah kami sampaikan,” pungkasnya. (Jim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *