Kapolres Tulangbawang Barat Terima Gelar Adat Tuan Pati Negara

TULANGBAWANG BARAT-Kapolres Tulangbawang Barat (Tubaba), AKBP Hadi Saepul Rahman SIK kini resmi menjadi keluarga besar masyarakat adat kabupaten setempat.

Kapolres didaulat menjadi keluarga besar masyarakat Kampung Panaragan dan Marga adat Buay Tegamoan Megow Pak Tulang Bawang.

Prosesi peresmian dan pengesahan AKBP Hadi Saepul Rahman SIK menjadi keluarga besar suku adat Lampung tersebut melalui Pepung Adat Marga Empat Tulangbawang yang berlangsung di kediaman H Herman Artha RM, Ketua Federasi Megow Pak Tulangbawang, Herman Artha, Senin (11/1/2021).

Pepung Adat juga dihadiri sejumlah tokoh adat Megow Pak Tulang Bawang.

“Saya masuk suku Lampung melalui Pepung adat,” ujar AKBP Hadi Saepul Rahman SIK, Senin (11/1/2021).

Selain resmi menjadi keluarga besar masyarakat adat Buay Tegamoan, Kapolres Tubaba itu juga diangkat menjadi adik Ketua Federasi Megow Pak Tulang Bawang Herman Artha yang juga tokoh masyarakat kabupaten setempat.

AKBP Hadi Saepul Rahman SIK memperoleh gelar adat Tuan Pati Negara dan istri Dina Hadi Saepul Rahman digelari Tuan Pembina.

“Saya diangkat menjadi adik pak Herman Artha, dengan Marga pak Herman Artha di Tiyuh Panaragan, gelar saya Tuan Pati Negara sementara untuk Istri saya Tuan Pembina,” jelasnya.

Dirinya mengaku sangat terharu bisa masuk adat Lampung dengan menaruh harapan kedepannya bisa terus menjalin hubungan kekeluargaan yang harmonis bukan hanya secara individu karena dirinya masuk warga Panaragan, Marga Tegamoan, Marga Empat Tulang Bawang.

“Atas ijin Allah dengan ini saya sudah masuk menjadi suku orang Lampung Panaragan, saya senang dan bahagia sekali bisa masuk suku Lampung, semoga kedepannya terus menjalin silahturahmi dengan warga Tubaba, bimbingan prilaku adat Lampung tentunya masih saya harapkan dengan kakak saya Herman Artha kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Federasi Marga Empat Tulang Bawang Kabupaten Tubaba Herman Artha membenarkan Kapolres AKBP Hadi Saepul Rahman
masuk adat Lampung.

“Ya benar Kapolres masuk adat Lampung seangkatan bersaudara dengan saya H Herman Artha RM Ketua Federasi adat Marga Empat Tulang Bawang Glr.Suttan Bintang Marga didalam pepadun Suttan Bintang Marga suku Tepuk Darak tiyuh Panaragan Marga Tegamoan, Hadi Saepul Rahman diberi Gelar Suttan Pati Negara dan nyonyanya diberi gelar Suttan Pembina,” pungkasnya. (Deb/Jim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *