DAERAHTUBABA

Kadisdikbud Tubaba Deklarasikan Mulok Pendidikan Karakter

TULANGBAWANG BARAT-Silabus Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Karakter Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) resmi dideklarasikan.

Mata pelajaran yang telah menjadi bahan ajar khusus di Sekolah-sekolah oleh Guru kepada peserta didik sejak tahun ajaran baru 2021-2022 tersebut, dideklarasikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tubaba, Budiman Jaya, di SDN 18 Tulangbawang Tengah, bertepatan pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 76, Kamis (25/11/2021).

Dikatakan Budiman, bahwa tidak dapat dipungkiri saat ini banyak dari karakter generasi penerus bangsa semakin menurun, sikap sopan santun yang mulai meredup, bahkan ketika bertemu Guru baik di Sekolah maupun diluar Sekolah seakan acuh, menjadikan kondisi dunia pendidikan miris.

“Oleh karenanya, Silabus Mulok Pendidikan Karakter Tubaba adalah upaya kita dalam menghidupkan kembali nilai-nilai karakter kebaikan, yang mana melalui Silabus ini peserta didik diberikan pelajaran dengan komponen 1) Falsafah masyarakat Tubaba yang dikenal dengan prinsip Nemen/pekerja keras, Nedes/pantang menyerah, Nerimo/memiliki keikhlasan, Sederhana, Setara, Lestari, (Nenemo SSL), 2) Anti Korupsi, 3) Pendidikan Berlalu Lintas, dan 4) Pendidikan Karakter,” jelasnya.

Untuk itu, mewakili Bupati Tubaba, dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim perumus Silabus hingga akhirnya menghasilkan karya buku panduan yang menjadi mata pelajaran khusus Mulok Pendidikan Karakter untuk peserta didik mulai dari tingkatan PAUD hingga SMP.

“Harapannya dengan peluncuran Silabus ini kita bisa kembali mengembangkan dan mendidik karakter anak-anak kita kedepannya agar memiliki kepribadian yang lebih baik,” pungkasnya. (Jim)

Comment here