DAERAHTUBABA

Pemkab Tubaba Resmikan Nuwo Badik Tempat Pembuatan Senjata Tradisional

TULANGBAWANG BARAT- Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) meresmikan Nuwo Badik sebagai tempat pembuatan senjata tradisional masyarakat setempat.

Peresmian tersebut ditandai dengan menempa Besi yang dilakukan oleh Bupati Tubaba, Umar Ahmad, didampingi Wakil Bupati, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan disaksikan pula tamu dari Akademi Kesenian serta Dewan Kesenian Lampung. Rabu (1/12/2021).

Dikatakan Bupati, Nuwo Badik atau Rumah Badik, merupakan suatu tempat yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Tubaba pada tahun 2020 lalu, dan terletak di kawasan Uluan Nughik, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

“Nuwo Badik ini akan menjadi tempat atau sentral pembuatan serta penjualan salah satu produk kebudayaan daerah berupa senjata tradisional Badik. Yang mana Kabupaten Tubaba memiliki keunikan tersendiri untuk produk kebudayaan tersebut, misalnya yang dikenal dengan Badik Stan Papak, Tubagus, dan Lebai,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, Nuwo Badik itu juga akan menjadi pusat berbagai kegiatan workshop bagi masyarakat yang ingin mengembangkan dan mempelajari tentang Badik. Sehingga diharapkan, ini menjadi upaya Pemerintah dalam membangun produk kebudayaan daerah Tubaba agar tetap hidup.

Menanggapi itu, Ansori Djausal selaku ketua Akademi Kesenian Lampung mengapresiasi usaha Pemkab dalam pengembangan kebudayaan sebagai tradisi daerah.

“Pak Bupati telah menjalankan tugas dari Undang-undang pemajuan kebudayaan di daerah, dan tempat ini akan menjadi pusat produk-produk kebudayaan jenis Badik atau lainnya yang merupakan ciri khas masyarakat dalam bidang senjata tradisional,” pungkasnya. (Jim)

Comment here