DAERAHTUBABA

Zaidirina Paparkan Capaian Program Lampung Berjaya di Tubaba

Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat, Zaidirina Wardoyo. (foto: ist)

TULANGBAWANG BARAT-Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Zaidirina Wardoyo memaparkan, capaian program Lampung berjaya kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Hal tersebut disampaikannya dalam kunjungan Gubernur Lampung di Kabupaten Tubaba dalam rangka silahturahmi dengan Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Kepalo Tiyuh serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Sesat Agung, Komplek Islamic Center, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Rabu (23/11/2022).

Zaidirina mengatakan, dalam rangka ikut mensukseskan program Lampung Berjaya di Kabupaten Tubaba, pengaplikasian kartu e-KPB sudah mencapai enam puluh persen, kemudian Pemkab juga sudah memulai melakukan pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP), dengan menyiapkan layanan berbasis teknologi informasi melalui pengintegrasian dengan Program Smart Village.

Kemudian, dalam menyongsong Kabupaten Tubaba menjadi sentral peternakan, seperti yang diproyeksikan oleh Gubernur Lampung. Pemkab juga telah melakukan persiapan anggaran. Baik dalam APBD-P tahun 2022 dan APBD Murni tahun 2023.

“Sudah banyak pembangunan infrastruktur yang dilakukan sebelumnya, namun, Tubaba masih perlu dilakukan pengembangan yang optimal,” ujar Zaidirina, Rabu (23/11/2022).

Lanjutnya, Pemkab Tubaba juga sudah mendistribusikan sebanyak 7 mesin Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa mesin pencacah.

“Mereka (peternak-red) tidak perlu ngarit setiap hari. Mesin ini bisa menyimpan rumput yang bisa bertahan lama,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, dalam mensukseskan program Lampung Berjaya dibutuhkan kontribusi Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Bupati atau walikota harus selaras dengan gubernur. Ibarat perahu, antara dayungan dan kemudi harus sama,” kata Arinal.

Arinal juga menyebut, kunjungan ini merupakan bagian penting untuk mengajak semua bersinergi dalam melaksanakan visi, misi dan 33 janji yang sudah dituangkan dalam RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024.

Arinal menuturkan guna mewujudkan visi tersebut, untuk bersama-sama mensukseskan berbagai program pembangunan salah satunya Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Melalui program ini akan memberikan kemudahan kepada para petani seperti ketersediaan sarana produksi pertanian, akses keuangan/permodalan dan pembinaan petani.

“Mari kita sukseskan bersama karena Lampung telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian sebagai lokomotif pertanian Indonesia,” tuturnya.

Arinal mengungkapkan, berkat sinergi yang dibangun bersama semua elemen, visi Rakyat Lampung Berjaya juga sudah mulai terlihat perwujudannya.

Hal ini dibuktikan diantaranya untuk tahun 2022 ini saja, pada Triwulan III tahun 2022 laju pertumbuhan ekonomi Lampung tumbuh sebesar 3,91 (y on y).

Demikian pula dengan Tingkat Kemiskinan periode Maret 2022 mencapai penurunan terbesar Nasional, berada di level 11,57 persen.

“Berbagai prestasi dan penghargaan juga diterima Provinsi Lampung dari Pemerintah Pusat. Artinya ekonomi kerakyatan kita bangkit,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Arinal meminta disisi tata kelola pemerintahan, agar bisa meningkatkan pelayanan kepada publik dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

“Kita juga harus mampu berinovasi dan menguasai teknologi dengan membangun dan mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menjawab kebutuhan masa depan,” pintanya.

Ia juga mengingatkan, agar semangat kerja dan pengabdian tidak boleh kendur serta saling berkolaborasi mewujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya.

Acara tersebut juga diisi dengan penaburan benih jelabat sebanyak 500 ekor dan ikan nila putih sebanyak 2.500 ekor di Kolam Islamic Center Tubaba. (Jim)

Comment here