Hewan Qurban di Tubaba Capai 8000, Disnakeswan Tubaba Turunkan 21 Petugas

TULANGBAWANG BARAT-Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menerjunkan tim pemeriksa kesehatan hewan qurban menjelang hari raya Idhul Adha 1445 Hijriah.

Tim yang beranggotakan 21 orang petugas tersebut terdiri dari dua orang dokter hewan dan dua orang paramedik veteriner dan serta tujuh belas petugas teknis kesehatan hewan.

Kedua puluh satu orang tersebut tersebar di lima wilayah Puskeswan yang meliputi sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Tubaba.

Kepala Disnakeswan Tubaba melalui Kabid Kesmavet, Drh. Irwan mengatakan, tim tersebut diturunkan guna memastikan kesehatan hewan yang akan disembelih pada hari raya Idhul Adha mendatang.

” Kami berkomitmen dalam memastika n kesehatan hewan qurban bisa terjamin. Hal itu merupakan peran utama kami, agar masyarakat yang mengkonsumsi daging qurban tidak mengalami hal yang tidak diinginkan,” kata Drh. Irwan kepada wartawan, Minggu (9/6/2024).

Berdasarkan data yang dihimpun, kata Irwan, terdapat 8.987 ekor hewan yang akan disembelih pada hari raya Idhul Adha 1445 Hijriah mendatang.

Apapun angka diatas terdiri 1.285 ekor sapi, 50 ekor kerbau dan 7.260 kambing serta 392 domba.

Kendati demikian, kata Irwan, angka tersebut masih dinamis, sebab bisa saja terjadi penambahan hewan qurban.

Untuk itu, Disnakeswan Tubaba menghimbau kepada seluruh takmir yang ada di Kabupaten Tubaba untuk segera melaporkan kepada dinas apabila terdapat perubahan jumlah hewan qurban melalui petugas kesehatan hewan terdekat. (Jim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *